Breaking News:

Hasil Job Fit akan Tentukan Rolling Pejabat di Pemkab Sitaro  

eberapa waktu lalu, kita sudah menggelar job fit dan hasilnya masih menunggu dari panitia pelaksana job fit

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dipastikan bakal melakukan rolling Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama atau Eselon II di lingkungan pemerintah daerah.

Diperkirakan, perombakan kabinet tersebut akan berlangsung akhir Agustus ini. Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen yang dikonfirmasi sejumlah awak media membenarkan adanya rolling PPT Pratama. "Ya benar, rolling pejabat sementara berproses," kata Sasingen yang diwawancari beberapa waktu lalu.

Menurut bupati, pelaksanaan rolling, khususnya di kalangan PPT Pratama memiliki mekanisme yang harus diikuti oleh pemerintah daerah. Di mana teknis prlaksanaanya harus melibatkan panitia, baik dari internal pemerintah daerah maupum pihak eksternal seperti perwakilan pemerintah provinsi serta unsur akademisi.

"Beberapa waktu lalu, kita sudah menggelar job fit dan hasilnya masih menunggu dari panitia pelaksana job fit," terang Sasingen.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar yang juga merupakan Ketua Panitia menjelaskan, hasil dari tahapan pelaksanaan job fit yang diikuti 22 PPT Pratama itu akan diputuskan lewat rapat pleno panitia pelaksanan.

"Tahapannya sudah kita laksanakan sejak beberapa bulan lalu. Selanjutnya, kami panitia akan mengadakan rapat bersama untuk membahas hal ini. Hasil rapat tersebut nanti akan kita sampaikan kepada ibu bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian," ujar Bogar belum lama ini.

Lebih lanjut dijelaskan, rapat pleno panitia akan menempatkan tiga nama PPT Pratama pada setiap Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama sebagaimana hasil tahapan uji kompetensi yang berlangsung selama ini. Di mana setiap PPT Pratama mengajukan lamaran di tiga JPT Pratama.

"Selanjutnya ibu bupati selaku PPK yang akan menentukan pejabat-pejabat mana yang akan ditempatkan pada setiap jabatan," lanjutnya.

Sebelum melakukan pelantikan, bupati selaku PPK akan melaporkan hasil dari tahapan job fit kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memperoleh rekomendasi.

"Yang harus kita ikuti adalah tahapannya. Selanjutnya, keputusan ada di tangan ibu bupati selaku pejabat pembina kepegawaian di daerah," ujar Bogar.

Untuk diketahui, dalam rangka pelaksanaan job fit tersebut, pemerintah daerah telah mengantongi rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menindaklanjuti hal itu, pemerintah daerah langsung membentuk panitia pelaksana dalam rangka job fit.

Panitia tersebut terdiri dari internal pemerintah daerah masing-masing Sekretaris Daerah, Asisten III. Perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Kepala Badan Diklat, Kepala Badan Kepegawaian serta salah satu perwakilan kalangan akademisi di Sulawesi Utara. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved