Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Terima 420 Dosis Vaksin Moderna untuk Nakes

dr Semuel Raule yang dihubungi melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Hendra Elias mengatakan, proses penyuntikan dosis ketiga bagi para nakes

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Gudang farmasi Dinas Kesehatan Sitaro di Kelurahan Paniki, tempat penyimpanan vaksin moderna. 

TRIBUMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 420 dosis vaksin jenis moderna diterima Pemerintah Kabupaten Sitaro, Jumat (20/8/2021).

Setibanya di Siau, vaksin yang diperuntukan bagi para Tenaga Kesehatan (Nakes) itu langsung disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Sitaro, di Kelurahan Paniki Kecamatan Siau Barat (Sibar).

Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, dr Semuel Raule yang dihubungi melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Hendra Elias mengatakan, proses penyuntikan dosis ketiga bagi para nakes akan dimulai Sabtu, 21 Agustus 2021.

"Besok akan dilakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga bagi 14 tenaga kesehatan RSUD Lapangan Sawang," kata Elias melalui sambungan telepon, Jumat (20/8/2021).

Menurut Elias, berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kesehatan Sitaro diperoleh jumlah sasaran sebanyak 782 tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Dari jumlah tersebut, yang bisa divaksin dosis tiga hanya 420 nakes dan tenaga penunjang untuk tahap satu moderna. Mereka ini yang sudah divaksin dosis kedua," lanjut Elias.

Di samping telah menjalani vaksinasi dosis kedua, para nakes tersebut tidak pernah terpapar Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19  pasca menerima suntikan dosis kedua.

"Proses skrining saat vaksinasi juga ama dengan skrining lalu saat vaksinasi pada orang dewasa, yakni harus melalui serangkaian tahapan," ujar Elias.

Disentil soal potensi munculnya Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI), Elias bilang hal itu kemungkinan terjadi namun tidak sampai beresiko pada kematian.

"Kemungkinan kipi memang ada, tapi yang ringan seperti demam. Tapi semua akan diantisipasi sesuai standar penanganan yang berlaku," bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved