Breaking News:

Berita Sitaro

Upacara HUT RI di Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro Berlangsung Khidmat

Pulau Makalehi merupakan wilayah terluar bagian utara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Suasana upacara peringatan HUT RI di Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kecamatan Siau Barat Kabupaten Sitaro gelar upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Makalehi, Selasa (17/8/2021).

Pulau Makalehi merupakan wilayah terluar bagian utara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Meski pelaksanaannya terbatas, namun upacara yang berlangsung di puncak Danau Cinta Makalehi itu berlangsung penuh khidmat serta mengandung makna yang mendalam.

Di mana sebagai Beranda NKRI, pemerintah dan masyarakat setempat tetap memiliki antusias luar biasa dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.

Camat Siau Barat, Jantje Tumewu yang tampil sebagai inspektur upacara mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk membangun semangat nasionalisme masyarakat Pulau Makalehi.

"Antusias masyarakat setempat dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia menjadi satu gambaran betapa besar kecintaan mereka terhadap NKRI," kata Tumewu.

Upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI berjalan sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat demi mengantisipasi potensi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

"Kita sengaja melaksanakan upacara di alam terbuka untuk mencegah penularan virus corona sekaligus mengeksplor potensi wisata yang ada di Pulau Makalehi," terangnya.

Dalam upacara itu, masyarakat nampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian upacara, termasuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lantang dan penuh semangat.

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Pulau Makalehi menyatakan dirgahayu NKRI. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," kuncinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved