Breaking News:

HUT RI

Peringati HUT RI Ke-76, Puluhan Pemuda di Sulut Berziarah ke Makam Imam Bonjol

Pemuda Badan Badan Takmir Masjid Dari Majelis Syubbanul Adzkar bersama Bikers Subuhan ini berziarah memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Chintya Rantung
andreas ruaw/tribun manado
Pemuda Badan Badan Takmir Masjid Dari Majelis Syubbanul Adzkar bersama Bikers Subuhan ziarah di Makam Imam Bonjol 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 50 anak muda yang merupakan gabungan para jamaah dari beberapa majelis yang ada di Sulawesi Utara melakukan ziarah makam di tempat peristirahatan terakhir Muhammad Syahab atau yang lebih dikenal dengan Tuanku Imam Bonjol di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa (17/8/2021).

Para pemuda Badan Badan Takmir Masjid Dari Majelis Syubbanul Adzkar bersama Bikers Subuhan ini berziarah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76.

Al Habib Umar Bin Toha Alhabsyi Pimpinan Majelis Syubbanul Adzkar mengatakan dari ziarah ini kita bisa mendapat pelajaran tentang bagaimana kisah perjuangan Imam Bonjol.

Habib mengaku bahwa selama proses ziarah tadi banyak pengalaman spiritual yang ia dapatkan, dimana mereka merasakan kehadiran sisa-sisa perjuangan dari Sang Imam.

"Tadi sempat ada juga yang menangis saat kami melangsungkan doa bersama, hal itu dikarenakan aura Sang Imam yang sangat kuat berada di sekitar kami," katanya.

Selain itu, lanjut Habib, hal yang membuat kami terharu yaitu Imam Bonjol rela meninggalkan kampung halamannya dan keluarganya demi memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Habib menjelaskan bahwa pelajaran yang bisa diambil dari kisah hidup Imam Bonjol yaitu perjuangan tanpa pengorbanan akan sia-sia.

"Beliau meninggalkan hartanya dan keluarganya demi memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. Untuk itu bagi kita semua terlebih di masa pandemi ini agar kiranya bisa berkorban untuk membantu warga yang sedang mengalami kesulitan," ucap Habib.

Habib berharap agar kegiatan ziarah di makam para pahlawan ini tidak hanya berakhir di hari-hari tertentu saja tetapi bisa terus di laksanakan dan dilestarikan.

"Saya mengajak para umat islam yang ada di Sulawesi Utara agar punya kerinduan untuk berziarah ke makam-makam pahlawan, karena mereka bukan hanya sekedar pahlawan tapi juga wali dari Allas SWT," tandasnya.

Tentang Minahasa

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tondano, dengan luas wilayah kabupaten 1.025,85 km².

Kabupaten Minahasa memiliki 25 kecamatan, 43 kelurahan dan 227 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara.

Saat ini Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Baca juga: Bakamla ZMTh Ajak Nelayan di Likupang Minut Upacara Bendera dari Atas Kapal dan Perahu

Baca juga: Sosok Ventje Sumual Rekan Pejuang Soeharto pada Peristiwa Serangan Umum 1 Maret, Kesayangan Nasution

Baca juga: Singapura Sudah Siap Hidup dan Mati dengan Virus Corona, Keadaan Siap Dilonggarkan

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved