Breaking News:

Kepulauan Sitaro

Bupati Eva Sasingen dan Wabup Palandung Andalkan Pulau Cinta dan Biaro Dorong Pariwisata

Seusai mengikuti detik-detik proklamasi pada pukul 11.17 WITA, Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
tribun manado/ronald moha
Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen dan Wabup Sitaro, John Palandung di Talkshow Tribun Baku Dapa 

SITARO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Seusai mengikuti detik-detik proklamasi pada pukul 11.17 WITA, Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen didampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs John Palandung menghadiri Talkshow Tribun Baku Dapa dengan tema; ''Makna Kemerdekaan RI dari Kepulauan Sitaro,'' yang dipandu Jurnalis Tribun Manado, Aswin Lumintang, Selasa (17/08/2021).

Pada kesempatan itu Bupati Eva sapaan akrabnya menjelaskan bahwa jumlah penduduk di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro hanya sekitar 73 ribu penduduk yang tersebar di 10 kecamatan.

Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen dan Wabup Sitaro, John Palandung di Talkshow Tribun Baku Dapa
Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen dan Wabup Sitaro, John Palandung di Talkshow Tribun Baku Dapa (tribun manado/ronald moha)

Daerah ini sendiri merupakan hasil pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe. Terdiri dari 47 pulau, di mana 10 Pulau di antaranya didiami penduduk.

Kepulauan Sitaro sebagian besar terdiri dari laut. Hanya 9 % daratan yang sebagiannya didiami manusia. ''Untuk diketahui bahwa di sini ada Gunung berapi aktif yakni Karangetang, '' ujar Bupati Eva yang juga Ketua PMI Sitaro.

Hanya dia bersyukur setiap terjadi erupsi saat ini tidak ada korban jiwa. ''Ini karena masyarakat sudah memahami apa yang harus dilakukan, '' ujarnya.

Bupati mengatakan, pihaknya sebenarnya sejak terpilih sudah fokus untuk mengembangkan program pariwisata di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sementara itu, Wakil Bupati Sitaro, Drs John Palandung mengatakan, bahwa di Sitaro ada satu desa bernama Desa Makalehi yang pada tahun 2010 lalu pernah menjadi desa teladan. ''Sebenarnya di sini (Desa Makalehi) ada yang namanya Pulau Cinta yang akan kami kembangkan menjadi kawasan tujuan wisata, '' ujar Palandung.

Wakil Bupati juga mengatakan dari Likupang, Minut menuju daerah Biaro hanya membutuhkan waktu satu jam. ''Daerah ini memiliki laut yang indah. Bisa menjadi tempat diving dari wisatawan baik lokal dan luar negeri, '' ujar Palandung.

Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen di Talkshow Tribun Baku Dapa
Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen di Talkshow Tribun Baku Dapa (tribun manado/ronald moha)

Bupati Eva juga minta masyarakat Sitaro tetap semangat menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. '' Saya mengimbau rakyatku Sitaro untuk tetap semangat. Tetap beriman dan memiliki imun yang kuat, sehingga terhindar dari Covid-19.

Istri tercinta anggota DPRD Sulut, Tonny Supit ini mengatakan, mereka sekeluarga pernah terpapar Covid-19. ''Tapi syukur dengan pertolongan Tuhan kami bisa sembuh, kemudian bisa mendonorkan plasma darah, '' ujarnya.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved