Breaking News:

ASN di Minahasa Selatan Gelar Upacara secara Daring  

Jumlah anggota Polri dan TNI yang bisa masuk halaman upacara pun dibatasi hanya 26 orang.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
Humas Pemkab Minsel
Upacara Bendera HUT ke-76 Republik Indonesia, digelar terbatas di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, digelar terbatas di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Biasanya, halaman upacara Kantor Bupati Minsel dipenuhi Aparatur Sipil Negara (ASN), polisi, tentara, pelajar, tokoh masyarakat dan veteran.

Namun, pada upacara yang dilaksanakan Selasa (17/8/2021), yang ada di halaman upacara hanya anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Jumlah anggota Polri dan TNI yang bisa masuk halaman upacara pun dibatasi hanya 26 orang.

Sementara, di samping kanan di luar lapangan upacara, berbaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Minsel di bawah komando Henry Palit, Kepala Satpol PP Minsel.

Di bawah gedung utama Kantor Bupati Minsel, duduk para pejabat eselon II, Sekretaris Daerah Denny Kaawoan, Kapolres Minsel Norman Sitindaon, Kepala Pengadilan Negeri Royke Inkiriwang dan Kepala Kejaksaan Negeri I Wayan Eka Miartha.

Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah membacakan naskah Proklamasi.

Kendati upacaranya digelar terbatas namun upacara HUT Kemerdekaan RI ini berjalan dengan khidmat.

Sementara, ASN yang biasanya ikut apel di lapangan upacara, tahun ini mereka mengikutinya secara daring.

Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, usai upacara mengatakan, pembatasan undangan pada upacara HUT Kemerdekaan RI ini disebabkan pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

"Pembatasan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Kalau undangannya banyak, pasti akan terjadi kerumunan yang besar. Itu berbahaya," kata Franky.

Franky Wongkar berharap, di momen HUT kemerdekaan RI ini pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

"Harapan saya, HUT kemerdekan RI ini akan menjadi tonggak kebangkitan rakyat Minsel kesulitan yang diakibatkan pandemi Covid-19. Saya juga berharap agar Covid-19 ini segera berakhir," ujar Franky.

Meski tidak bisa mengikuti upacara secara langsung di halaman Kantor Bupati Minsel, namun sejumlah ASN mengaku bisa merasakan detik-detik penaikan Bendera Merah Putih.

"Tadi kami mengikuti upacara secara daring. Meski secara daring tapi kami bisa mengikuti upacara tadi dengan khidmat," kata Hardy Sangkoy. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved