Breaking News:

Jabes Gaghana Instruksikan Pasang Bendera Setengah Tiang di Kabupaten Sangihe

Kita semua merasa kehilangan. Sebagai tokoh, sebagai mantan bupati di Sangihe dan saat ini beliau sebagai anggota DPRD Provinsi

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
TRIBUN MANADO
Bupati Sitaro Jabes Gaghana 

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Sebagai bentuk penghargaan terhadap   almarhum Winsulangi Salindeho, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara yang meninggal dunia, Minggu (15/08/2021) subuh,  Bupati Kepulauan Sangihe  Jabes Gaghana menginstruksikan untuk memasang bendera Merah Putih setengah tiang pada tanggal 18 Agustus 2021 mendatang di seluruh wilayah Kepulauan Sangihe.

Ia menyebut, selain bertepatan dengan hari pemakaman almarhum, ditetapkannya tanggal 18 Agustus 2021 untuk pemasangan bendera setengah tiang mengingat saat ini seluruh daerah termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe masih memasang bendera satu tiang dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini kan bersamaan dengan 17 Agustus. Memang kita rencana begitu (pemasangan bendera setengah tiang), tapi mungkin tanggal 18 Agustus, ketika hari H pemakaman kita menginstruksikan pemasangan bendera setengah tiang satu hari itu," ungkap Gaghana.

Bahkan direncanakan, pemerintah daerah bersama para tokoh agama Kabupaten Kepulauan Sangihe akan berangkat ke Manado untuk melayat ke rumah duka sekakigus melaksanakan upacara khusus.

"Dan kita rencana, pemerintah daerah dengan tokoh-tokoh agama, kita akan melayat, berangkat tanggal 17 malam sesudah upacara penurunan bendera," lanjutnya.

Kepergian  politisi senior Partai Golkar itu menyisakan kesedihan yang mendalam dari berbagai pihak, termasuk jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Kita semua merasa kehilangan. Sebagai tokoh, sebagai mantan bupati di Sangihe dan saat ini beliau sebagai anggota DPRD Provinsi, kita kehilangan orang yang mempunyai kapasitas," kata Gaghana.

Menurutnya, banyak hal yang telah diperjuangkan oleh almarhum, khususnya dalam membangun Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe turut berbelasungkawa, turut berdukacita dengan dipanggilnya oleh Tuhan Yang Maha Kuasa bapak Winsulangi Salindeho," lanjut Gaghana.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan penghiburan dan kekuatan untuk menghadapi pergumulan ini," ujarnya.

Disentil tentang kenangannya bersama almarhum semasa memegang jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe periode 2006-2011, Gaghana bilang sangat banyak. "Susah untuk diuraikan. Kan dengan saya lima tahun, beliau sebagai bupati dan saya wakil bupati. Banyak sekali hal-hal yang memberikan spirit motivasi untuk membangun daerah ini," ujar Gaghana.

Berdasarkan catatan Tribunmanado.co.id, beberapa jabatan penting pernah diduduki Winsulangi Salindeho selain Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe. Salah satunya yakni Sekretaris Kota Manado. Di DPRD Sulut saat ini, Winsulangi Salindeho menjabat Ketua Bapemperda DPRD Sulut.

Almarhum juga dikenal sebagai tokoh Nusa Utara sekaligus perintis berdirinya Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Pada tahun 2013 silam, Salindeho sempat maju dalam Pilkada Kabupaten Sitaro berpasangan dengan Piet Hein Kuera.

Namun keduanya belum berhasil memenangkan pesta demokrasi tersebut. Tahun 2019, Winsulangi maju sebagai Anggota DPRD Sulut dari Dapil III Nusa Utara (Sangihe, Talaud, Sitaro) dan berhasil menuju Gedung Cengkeh. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved