Breaking News:

Hingga Kini Ada 34 Warga Terpapar Covid-19  di Sitaro

Terkonfirmasi Covid-19 bertambah dua orang, satu dari kasus suspek dan satunya lagi dari kontak erat

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanes
Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, dr Semuel Raule. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) masih terus terjadi.

Berdasarkan laporan harian Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro per tanggal 14 Agustus 2021, terjadi penambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu.

Dengan demikian, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi menjadi 394 kasus. Sementara untuk yang sembuh bertambah 10 pasien, sehingga jumlah keseluruhan kasus sembuh menjadi 330 pasien. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule menjelaskan, dua kasus terkonfirmasi yang mengalami penambahan berasal dari kasus suspek dan kontak erat.

"Terkonfirmasi Covid-19 bertambah dua orang, satu dari kasus suspek dan satunya lagi dari kontak erat yang sebelumnya kami lakukan skrining," ungkap Raule, Minggu (15/8/2021).

Adapun 10 pasien yang sembuh adalah mereka yang sebelumnya menjalani penanganan medis di fasilitas kesehatan maupun yang melakukan isolasi mandiri.

"Probable tidak ada perubahan data, sementara yang sembuh ada 10 orang pasien," lanjutnya.

Hingga kini, sambung Raule, terdapat 34 orang yang dalam penanganan medis maupun isolasi mandiri akibat terpapar kasus Covid-19. 30 orang dalam status terkonfirmasi, dua dengan status suspek dan dua lainnya probable.

"Mayoritas dari mereka sedang menjalani isolasi mandiri, yakni sebanyak 21 orang. Selebihnya menjalani penanganan medis, baik di Rumah Sakit Umum Daerah di Sitaro maupun beberapa faskes yang ada di luar Sitaro," ujar Raule.

Terkait kasus meninggal dunia, Raule bilang per tanggal 14 Agustus 2021 bertambah satu kasus, sehingga jumlah keseluruhan mencapai 34 kasus kematian. "Bertambah satu kasus," kuncinya.

Sejalan dengan meningkatnya penyebaran kasus Covid-19, pemerintah daerah bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 terus melakukan berbagai upaya dalam rangka pengendalian kasus.

Selain menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, pemerintah juga telah menerbitkan surat edaran terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang sesuai asestmen pemerintah pusat, Kabupaten Sitaro berada pada level empat. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved