Breaking News:

Berita Bolmong

Bendungan Lolak Bakal Jadi Sumber Perairan untuk Pertanian di Bolmong

Salah satu Program Nawacita Presiden Jokowi ialah memperkuat Indonesia dari pinggiran kota dan desa, infrastruktur termasuk jalan

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Foto IST/PT PP
Bendungan Lolak di Kabupaten Bоlmоng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Salah satu Program Nawacita Presiden Jokowi ialah memperkuat Indonesia dari pinggiran kota dan desa, infrastruktur termasuk jalan, jembatan dan waduk.

Tujuan utamanya untuk memakmurkan Rakyat Indonesia.

Di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) juga terjamah Program Nawacita Presiden Jokowi, yakni Waduk Lolak atau Bendungan Lolak.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengucurkan anggaran sebesar Rp. 850 milliar untuk membangun waduk di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong

Site Operation Manager PT. PP Bendungan Lolak Carto Andriyanto, ST mengatakan, Proyek Bendungan Lolak ditargetkan selesai akhir tahun 2021.

Dibeberkannya, Saat ini progres fisik bangunan Lolak sudah mencapai 90 persen.

Hanya saja mulai akan beroperasi dikisaran dua sampai tiga tahun setelah selesai proyek.

“Sebab masih akan dibangun lagi fasilitas pelengkap yaitu Bangunan pendukung, akses dan sebagainya,” ujarnya saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Selasa (10/8/2021).

Dikatakannya, Waduk yang membendung Sungai Lolak mampu menampung air sebanyak 16 juta kubik air dengan ketinggian menara setinggi 50 meter.

Saat beroperasi Bendungan ini akan memasok air irigasi seluas 2.214 hektare, mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik, pariwisata, konservasi air dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved