Breaking News:

Info Menarik

Potret Penampakan Planet Saturnus dan Jupiter dari Sumedang, Terlihat Menawan saat Langit Cerah

Kondisi langit yang cerah memudahkan pengambilan data langit atau astrofotografi pada Planet Jupiter, Saturnus dan Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Tribun Jabar / Kiki Andriana
Penampakan Planet Saturnus hasil pengamatan LAPAN Sumedang, Jawa Barat, Jumat (6/8/2021) pukul 18.49 WIB. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut ini penampakan Planet Saturnus dan Jupiter yang Menawan.

Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN Sumedang,  berhasil mengamati Planet Jupiter, Planet Saturnus,  dan Galaksi Milky Way atau Galaksi Bima Sakti pada Hari Antariksa Nasional yang berlangsung Jumat (6/8/2021) malam.

Kepala LAPAN Sumedang Aries Kurniawan mengatakan, kondisi langit yang cerah memudahkan pengambilan data langit atau astrofotografi pada Planet Jupiter, Saturnus dan Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Planet Saturnus yang cantik dengan cincin raksasa melingkar di sekelilingnya, tampak terlihat dari langit Sumedang menggunakan teropong dari Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN Sumedang.

Tidak hanya itu, peralatan dari Lapan Sumedang juga berhasil menangkap penampakan Planet Jupiter yang disebut-sebeut sebagai planet terbesar di Galaksi Bima Sakti.  Pun demikian dengan gugusan tata surya berupa Galaksi Bima Sakti yang menawan.

FANTASTIS, Ini Penampakan Planet <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/saturnus' title='Saturnus'>Saturnus</a> hingga <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/jupiter' title='Jupiter'>Jupiter</a> dari <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/sumedang' title='Sumedang'>Sumedang</a> saat Hari Antariksa Nasional

Semuanya bisa terlihat dengan teropong Celestron 11 inci milik Lapan Sumedang saat langit Sumedang sedang cerah dan minim polusi cahaya.

"Planet  Saturnus mulai teramati pukul 18.49 WIB, Planet Jupiter mulai teramati pukul 19.40 WIB, dan Galaksi Bima Sakti teramati mulai pukul 20.30 WIB," kata Aries Kurniawan seusai melakukan pengamatan di LAPAN Sumedang, Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jumat (6/8/2021).

Pada kesempatan itu, Lapan Sumedang memperingati Hari Antariksa Nasional.  Kepala LAPAN Sumedang Aries Kurniawan mengatakan, kondisi langit yang cerah memudahkan pengambilan data langit atau astrofotografi pada Planet Jupiter, Saturnus dan Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Tampak Planet Saturnus dengan cincin melingkar di sekelilingnya. Pun tampak juga Planet Jupiter dengan warna khasnya. 

Aries menyebut, Galaksi Bimasakti bisa diamati jelas dalam kondisi polusi cahaya rendah.

"Pengamatannya bisa sepanjang malam, memungkinkan bisa terlihat pada musim kemarau seperti bulan Juli dan Agustus. Syaratnya kondisi cuaca cerah. Planet Saturnus tenggelam pukul 05.54 WIB, Planet Jupiter tenggelam pada pukul 07.07 WIB. dan Galaksi Bima Sakti akan tenggelam pukul 04.04 WIB," kata Aries, menambahkan.

Aries mengatakan, proses pengamatan benda angkasa saat peringatan malam langit gelap di LAPAN Sumedang biasanya banyak masyarakat umum yang datang untuk melihat proses pengamatan.

Namun, kata Aries, karena ada penerapan PPKM akibat pandemi Covid-19, maka pengamatannya dilakukan tertutup untuk umum.

"Biasanya, banyak warga yang datang untuk melihat pengamatan langsung bahkan kami biasanya memasang layar besar  di halaman kantor," kata dia.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved