Breaking News:

Berita Bitung

Kapal Bermuatan Kelapa Sawit di Bitung Terbakar saat Naik Dock

Dua unit kapal itu, masing-masing kapal lampu KM Tenggiri 15 dengan grostone (GT) 33 dan kapal penampung KM Mitra Bahari 169 dengan GT 141.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Rizali Posumah

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Peristiwa kebakaran kapal di Kota Bitung kembali terjadi pada Rabu (4/8/2021).

Satu unit kapal layar motor (KLM) Kasih Setia 01 dengan GT 336 milik seorang laki-laki JT terbakar saat sedang naik dock di PT Pathemang Dock Yard Kelurahan Tandurusa Kecamatan Aertembaga Bitung.

Kebakaran KLM Kasih Setia 01, yang dalam keadaan naik dock diketahui oleh sejumlah anak buah kapal (ABK) mencium bau asap dari ruangan mesin kapal.

Menurut saksi Ronald Lewar ABK kapal, Muhamad Ninto dan Anto Tayang, mengetahui itu keduanya langsung melakukan pengecekan dan mendapati bagian mesin induk sudah berapi.

"Api seketika itu membesar, kami langsung panggil rekan sekerja lainnya untuk berupaya memadamkan api."

Kebakaran KLM Kasih Setia 01 saat sedang naik dock di PT Pathemaang Dock Yard Aertembaga Bitung.
Kebakaran KLM Kasih Setia 01 saat sedang naik dock di PT Pathemaang Dock Yard Aertembaga Bitung. (Polsek Aertembaga)

"Tapi upaya pemadaman yang kami lakukan tidak berhasil sehingga kami langsung menyelamatkan diri," kata Ronald saat memberikan keterangan kepada polisi Rabu malam.

Menurut Muhamad Ninto masinis kapal, sementara kapal docking mesin kapal dalam keadaan mati dan penerangan menggunakan aliran listrik dari PT Pathemaang Dock Yard.

Saat itu saksi Anto Tayang dan Ronald Lewat ABK kapal, ditugaskan oleh sang Kapten kapal untuk berjaga.

Melihat kondisi bagian mesin dalam kapal mulai terbakar, para ABK kapal ini langsung sesegera mungkin melapor ke pihak sekurity.

Kapal yang terbakar itu, dari informasi yang disampaikan Kapten kapal Nico Laus beroperasi di jalur pelayaran pulang pergi Kota Bitung, pulau Kalimantan dengan muatan kelapa sawit milik PT Multi Nabati Sulawesi (MNS).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved