Breaking News:

Berita Minahasa

Anggaran Rp 1 Miliar, Puskesmas Kakas Kabupaten Minahasa Bangun UGD

Pembangunan fasilitas ini adalah bagian dari proyek infrastruktur kesehatan yang digarap Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Pemkab Minahasa
Lokasi pembangunan Unit Gawat Darurat (UGD) milik Puskesmas Kakas, Kabupaten Minahasa, yang rencananya akan selesai diakhir tahun ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Puskesmas Kakas segera ada Unit Gawat Darurat (UGD), dengan anggaran Rp1 miliar yang rencananya akan selesai diakhir tahun ini.

Pembangunan fasilitas ini adalah bagian dari proyek infrastruktur kesehatan yang digarap Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa.

Sementara lokasi tempat pembangunan adalah lahan yang dihibahkan pemerintah kecamatan Kakas.

Kepala UPT Puskesmas Kakas, dr Rommy Inkiriwang mengatakan bahwa keberadaan layanan UGD ini diharapkan dapat menjawab kerinduan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal.

“Tujuan utama pembangunan UGD di Puskesmas Kakas ini tentunya untuk lebih mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kakas."

"Apalagi di wilayah ini memang tidak memiliki rumah sakit sehingga puskesmas ini jadi satu-satunya fasilitas kesehatan yang melayani masyarakat,” ujar Inkiriwang dalam wawancara di sela peninjauan lokasi pembangunan, Jumat (6/8/2021).

UGD ini, lanjut dia, adalah sebagai fasilitas pendukung pelayanan kesehatan yang cepat ketika ada warga Kakas yang membutuhkan penanganan medis.

Ia mencontohkan pasien korban kecelakaan, penyakit kronis atau masyarakat yang sangat membutuhkan penanganan medis segera.

“Memang selama ini umumnya langsung di bawah ke rumah sakit di Langowan dan tak jarang ada pasien meninggal saat dalam perjalanan."

"Nah, ketika layanan UGD ini sudah tersedia tentu kita bisa memberikan penanganan medis awal sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut di rumah sakit,” tandas Inkiriwang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved