Breaking News:

Berita Nasional

Sejumlah Kabupaten dan Kota di Sulut Berstatus Zona Merah, Epidemiolog: Ini Tanda Awas!

Terkait status Zona Merah dibeberapa Kabupaten dan Kota di Sulut, Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo menyebut hal ini akibat penularan

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rhendi Umar
Istimewa
Pengamat Kesehatan Sulut dan Dosen Spesialis Epidemiologi dari UNIMA. Jonesius Manoppo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait status Zona Merah dibeberapa Kabupaten dan Kota di Sulut, Pengamat Epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo menyebut hal ini akibat dinamisnya penularan kasus ditengah masyarakat. 

"Seperti sebelumnya perubahan indeks warna zonasi diakibatkan oleh dinamika perkembangan kasus aktif dan tingkat fatalitas atau kematian akibat covid-19," jelas Manoppo kepada Tribun Manado.

Terkait meningkatnya kasus covid di Kabupaten Sangihe, Mitra, Minahasa dan Kota Tomohon menjadi zona merah, kata Manoppo, itu penyebabnya diakibatkan karena akumulasi kasus baru yang cepat naik diatas 100% dari 2 pekan sebelumnya.

"Kemudian jumlah penderita yang meninggal juga mengalami kenaikan, serta kasus sembuh yang rendah," sebut Manoppo.

Olehnya, Manoppo menegaskan, kenaikan status ini merupakan tanda awas bagi semua masyarakat dan pemerintah. 

"Artinya kasus yang ada saat ini memerlukan perhatian yang lebih serius dalam penanganannya. Zona merah berarti Risiko Tinggi terjadi penularan, dan warga masyarakat di tempat itu sebaiknya meningkatkan kehati-hatian terutama dalam penerapan prokes, kalau lalai maka peluang untuk tertular menjadi tinggi," beber Manoppo. 

Oleh karena itu, dirinya menekankan pentingnya untuk melakukan tracing dan tracking pasien positif diwilayah tersebut. 

"Apabila tracing tidak dilakukan dengan lebih efektif dan efisien artinya terstruktur dan masiv terhadap semua kontak erat tanpa toleransi maka status ini tidak akan berubah, bahkan lebih memburuk dari sebelumnya," ungkap Manoppo.

Selain itu, untuk testing juga perlu dilakukan, ditambah kuotanya, karena yang ada saat ini jumlah yang di test jauh dari harapan.

Treatmen juga perlu untuk memperhatikan mereka yang melakukan isolasi mandiri, meski ada yang disiplin tapi banyak yang tidak serius menjalankan isolasi mandiri, keluar rumah sebelum waktunya hanya karena gejala ringannya sudah menghilang. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved