Breaking News:

HUT RI 2021

Monumen Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Pulau Siau Pasca Kemerdekaan RI

Di Kampung Peling Kecamatan Siau Barat terdapat salah satu titik bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Monumen Peristiwa Merah Putih di Kampung Peling Kecamatan Siau Barat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, Republik Indonesia genap berusia 76 tahun dalam kemerdekaannya.

Hal itu bisa diraih karena kegigihan para pejuang bangsa dan negara.

Tak sedikit kisah dan cerita perjuangan yang diabadikan dalam berbagai bentuk, termasuk monumen bersejarah.

Di Pulau Siau Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kampung Peling Kecamatan Siau Barat terdapat salah satu titik bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Monumen Peritiswa Merah Putih, tempat dijadikannya lokasi pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pada tanggal 1 Januari 1946.

Konon dikabrakan, pengibaran bendera Merah Putih di lokasi tersebut menjadi yang pertama kali di Pulau Siau dan kedua di Indonesia pasca diproklamasikannya kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Monumen Peristiwa Merah Putih di Kampung Peling Kecamatan Siau Barat.
Monumen Peristiwa Merah Putih di Kampung Peling Kecamatan Siau Barat. (tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses)

Peristiwa bersejarah itu diinisiasi oleh Laurens Mocodompis Kansil bersama keenam saudarannya, masing-masing Robert Kansil, Olden Kansil, Erens Kansil, Aldofina Kansil, Rachel Kansil, Albert Kansil.

Hal ini diungkapkan Beatrix Kansil, anak dari salah satu pejuang kemerdekaan tersebut.

Menurutnya, awal mula peristiwa di Kampung Peling itu terjadi ketika Laurens Mocodompis Kansil memperoleh informasi melalui radio yang menyebut Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya.

"Saat itu, papa akang (Laurens Mocodompis Kansil) berada di Makassar. Setelah mendengar informasi tersebut, ia langsung kembali Manado lewat jalur darat dan menggunakan perahu ke Siau," terang Beatrix.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved