Breaking News:

RHK Kamis 5 Agustus 2021

Bacaan Alkitab Yunus 1:11-12 - Mengaku dan Menanggung Dosa

Meski melarikan diri ke Tarsis, namun Yunus merupakan sosok hamba Tuhan yang bertanggungjawab.

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

Yunus 1:11-12
TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski melarikan diri ke Tarsis, namun Yunus merupakan sosok hamba Tuhan yang bertanggungjawab.

Sebab dia memang takut akan Tuhan. Ketika undian jatuh kepadanya sebagai "tersangka" karena menjadi sumber amukan gelombang ganas dan badai yang menderu, maka dia tidak mengelak atapun membantahnya. Dia sadar bahwa meskipun dia berusaha lari dari hadapan Tuhan, tetap tidak bisa lolos.

ilustrasi
ilustrasi ()

Yunuspun mengakui dan siap menanggung segala dosanya. Dia tidak membantah. Sebab kuat tangan Tuhan telah menangkap dan menghentikan pelariannya itu.

Dia siap menerima semua risiko akibat kesalahan dan keteledorannya melawan perintah Tuhan. Maka agar badai berhenti mengamuk, dia menjawab pertanyaan penumpang dan awak kapal bahwa dia harus dicampakkan ke laut.

Yunus sangat sadar bahwa gelora laut dan amukan badai itu terjadi karena dosanya, yang telah mengingkari dan mengabaikan perintah Tuhan untuk menyelamatkan kota Niniwe. Diapun rela menanggung semua dosa dan kesalahannya itu.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Bertanyalah mereka: "Akan kami apakan engkau, supaya laut menjadi reda dan tidak menyerang kami lagi, sebab laut semakin bergelora."
  Sahutnya kepada mereka: "Angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda dan tidak menyerang kamu lagi. Sebab aku tahu, bahwa karena akulah badai besar ini menyerang kamu."* (ay 11, 12)_

Yunus, sangat bertanggungjawab. Dia tidak lempar tanggungjawab. Dia tidak menyangkal lagi panggilan Tuhan. Dia sadar bahwa dia telah berdosa di hadapan Tuhan. Karena itu, seberat apapun tanggungan yang harus dia pikul, dia terima dari Tuhan. Dia dibuang ke laut.

Dia tidak menutupi dosanya dengan berbuat dosa lagi. Dia menyadari bahwa sejauh apapun dia lari, maka sejauh itu juga tangan Tuhan menjangkau dia dan merangkulnya pulang kepada-Nya. Dia siap menerima semuanya sekaligus demi keselamatan orang banyak yang sudah ketakutan hebat di atas kapal.

Sahabat Kristus, lepas dari usaha melarikan diri Yunus, tapi sebagai hamba Allah dia tetap bertanggungjawab. Kitapun hendaklah seperti Yunus. Kita sering bahkan banyak kali gagal dan lalai dalam melakukan tugas dan panggilan pelayanan kita. Kita abai terhadap tanggungjawab merangkul orang percaya. Janganlah membela diri dan membenarkan kesalahan kita dengan menambah dosa baru.

Tuhan mahatahu, sebab Dia mahakuasa.
Dalam banyak pengalaman, ada orang-orang yang merasa benar dengan dosanya. Bahkan lebih suka membela dosanya dengan melipatgandakan dosa baru. Sehingga, membuat kita semakin jauh dari Tuhan, karena menumpuknya dosa yang kita lakukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved