Breaking News:

198 Pelamar CPNS di Sitaro Gagal Seleksi Administrasi

Masyarakat bisa mengakses informasi tersebut melalui webside BKPSDM Sitaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai BKPSDM Sitaro, Christian Palar. 

TRIBUNMANADO.CO.,ID, MANADO - Sebanyak 198 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau gagal dalam seleksi administrasi CPNS.

Hal itu diketahui melalui pengumuman seleksi administrasi yang disampaikan pihak Panitia Seleksi (Pansel) CPNS Kabupaten Kepulauan Sitaro tahun 2021. Dalam pengumuman yang ditandatangi oleh Ketua Pansel, Herry Bogar itu tercantum nama-nama pelamar, formasi jabatan serta keterangan tidak memenuhi syarat.

Dari 198 pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, tercatat sebanyak 183 pelamar jalur Tenaga Teknis serta 15 pelamar jalur Tenaga Kesehatan. Sedangkan keterangan TMS mayoritas karena tidak menyampaikan berkas fisik atau hardcopy sesuai persyaratan dengan jumlah sebanyak 138 pelamar.

Seterusnya keterangan TMS karena tinggi badan tidak sesuai persyaratan pada formasi jabatan Pemula Satuan Polisi Pamong Praja sebanyak 19 pelamar, surat lamaran dan surat pernyataan tidak sesuai dengan format yang dipersyaratkan sebanyak delapan pelamar serta 21 pelamar TMS dengan keterangan ketidaksesuaian antara ijazah dengan kualifikasi pendidikan yang ditentukan untuk mengisi formasi jabatan CPNS.

Untuk jalur Tenaga Kesehatan, kebanyakan terkendala dengan masalah Surat Tanda Registrasi (STR), baik yang tidak melampirkan maupun yang masa berlakunya telah habis. Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi PNS Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sitaro, Christian Palar mengatakan, pengumuman seleksi administrasi CPNS telah disampaikan secara luas kepada publik.

"Masyarakat bisa mengakses informasi tersebut melalui webside BKPSDM Sitaro dengan alamat http://bkpsdm.sitarokab.go.id/pengumuman-seleksi-casn-pemerintah-kabupaten-kepulauan-siau-tagulandang-biaro-tahun-2021/," kata Palar Rabu (4/8/2021).

Pasca pengumuman seleksi administrasi, Palar bilang Pansel CPNS akan masuk pada tahapan pelaksanaan Masa Sanggah yang akan berlangsung selama dua hari kedepan, mulai tanggal 4 Agustus 2021 sampai 6 Agustus 2021.

"Tahapan ini untuk menyanggah hasil verifikasi administrasi TMS yang bukan disebabkan kesalahan pelamar. Jadi sekali lagi, masa sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan karena ketidaktelitian pelamar CPNS," ujar Palar.

Dengan melihat hasil seleksi administrasi CPNS yang telah diumumkan, maka untuk sementara waktu tercatat sebanyak 1.296 pelamar dinyatakan memenuhi syarat atau lolos ke tahapan pelaksanaan seleksi CPNS selanjutnya.

"Nantinya hasil sanggahan yang ada akan kita jawab sesuai jadwal tahapan yang ada. Sejauh ini belum ada sanggahan yang masuk," ujar Palar. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved