Breaking News:

Warga Sitaro Beramai-ramai Pasang Bendera Merah Putih

Kantor pemerintahan maupun instansi vertikal, diminta untuk memasang dekorasi, poster, spanduk atau hiasan lainnya

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
TRIBUN MANADO
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro Herry Bogar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang, masyarakat di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai mengibarkan bendera Merah Putih.

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan secara serentak sejak 1 Agustus 2021 sampai dengan 31 Agustus 2021. Hal ini sesuai pemberitahuan pemerintah daerah yang disampaikan lewat para Camat se-Kabupaten Sitaro.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar mengatakan, selain bendera Merah Putih, dekorasi lain terkait peringatan HUT Kemerdekaan RI, seperti umbul-umbul juga diminta untuk dipasang.

Menurut Bogar, pemberitahuan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara Nomor 003/21.4480/Sekr tanggal 28 Juli 2021 tentang Pengibaran Bendera Merah Putih dan Pemasangan Umbul-umbul dalam Rangka Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Berdasarkan surat edaran gubernur tersebut, pemerintah daerah menindaklanjutinya dengan surat pemberitahuan kepada seluruh pejabat daerah, pimpinan instasi vertikal hingga para Camat untuk diteruskan kepada masyarakat," terang Bogar, Rabu (4/8/2021).

Khusus untuk kantor pemerintahan maupun instansi vertikal, Bogar menyebut dimintakan untuk memasang dekorasi, poster, spanduk baliho, atau hiasan lainnya di lingkungan perkantoran masing-masing secara serentak mulai tanggal 1 Agustus 2021 sampai 31 Agustus 2021.

"Juga diminta untuk mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke dalam berbagai bentuk media, antara lain desain, tampilan webside, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan dinas dan kendaraan umum, media cetak dan elektronik," ujar Bogar.

Lebih lanjut dikatakan, penggunaan logo dan desain turunan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia agar merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada webside Kemensetneg www.setneg.go.id.

"Untuk masyarakat umum, para Camat, Lurah dan Kapitalau diminta untuk menyampaikan hal ini, khususnya mengibarkan bendera Merah Putih di tempat tinggal masing-masing," ujar Bogar.

Pantauan Tribunmanado.co.id di beberapa wilayah di Kabupaten Sitaro, bendera Merah Putih nampak mulai berkibar di depan rumah-rumah warga. Di samping itu, hiasan seperti umbul-umbul juga telah terpasang rapih.

"Memasang bendera Merah Putih sudah menjadi kewajiban kami warga negara. Apalagi dalam rangka memperingati ulang tahun negara kita," ujar Frengky David dan Alfrets Sadia, dua warga Kelurahan Akesimbeka Kecamatan Siau Timur. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved