Breaking News:

Berita Manado

Abdimas Unsrat Manado Kenalkan Teknologi Pompa Air Tenaga Surya ke Ibu-ibu PKK Kiama Talaud

Abdimas Unsrat melaksanakan sosialisasi dan introduksi Pompa Air Tenaga Surya pada akhir pekan lalu  di Desa Kiama, Kecamatan Melonguane.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Abdimas LPPM Unsrat
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Sam Ratulangi Manado bersama Ibu-Ibu PKK Desa Kiama, Melonguane, Kep. Talaud peserta Sosialisasi dan Introduksi TTG Pompa Air Tenaga Surya. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sam Ratulangi menjangkau masyarakat di Kepulauan Talaud.

Abdimas Unsrat melaksanakan sosialisasi dan introduksi Pompa Air Tenaga Surya pada akhir pekan lalu  di Desa Kiama, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Walaupun terkendala pandemi Covid-19, kegiatan Abdimas ini dapat dilaksanakan," ujar Dr Eng Meita Rumbayan, Ketua Tim Abdimas LPPM Unsrat Manado kepada Tribunmanado.co.id, Jumat 30/07/2021).

Katanya, kegiatan itu mulai dari perancangan alat Teknologi Tepat Guna (TTG), perakitan bahan dan komponen pendukung dan pengujian alat pompa air tenaga surya.

Katanya, sosialisasi dan introduksi Pompa Air Tenaga Surya bagi kelompok Ibu-Ibu PKK di Desa Kiama Talaud dilaksanakan oleh Tim Abdimas yang dibantu oleh alumni Program Studi Elektro Fakultas Teknik yaitu Yulianus Salasa.

"Seluruh rangkaian sosialisasi berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat," jelas dia.

Kelompok Ibu-Ibu PKK dipilih sebagai sasaran mitra sosialisasi dan pelatihan TTG berbasis energi terbarukan supaya pengetahuan kaum perempuan desa tentang energi terbarukan meningkat.

Ia menjelaskan, penerapan Teknologi Tepat Guna berupa Pompa Air Tenaga Surya ini cocok digunakan pada masyarakat remote area yang mengalami keterbasan akses listrik.

"Hal ini dan bisa menjadi cikal bakal sentra science techno park energi terbarukan dan rumah tahan gempa di Desa Mitra Kiama, Kecamatan Melonguane, Kepulauan Talaud," kata  perempuan peneliti dan pengabdi masyarakat dari Fakultas Teknik Unstat Manado ini bersama anggota Tim Sherwin Sompie MT.

Lanjut dia, kegiatan ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan yang termasuk dalam bagian Program Pengembangan Desa Mitra yang didukung oleh Direktorat Riset Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia dan LPPM Unsrat Manado.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved