Breaking News:

Berita Mitra

BPN Minahasa Tenggara Berhasil Cetak 3150 Sertifikat

dalam rangka mendukung percepatan program sertifikasi tanah nasional dalam program PTSL mencatat pada tahun 2021

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
BPN Minahasa Tenggara Berhasil Cetak 3150 Sertifikat
ist
Kepala BPN Mitra Zachrias Mangoto

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam rangka mendukung percepatan program sertifikasi tanah nasional dalam program PTSL mencatat pada tahun 2021 ini telah berhasil realisasi sertifikat tanah sebanyak 3150 sertifikat, Selasa (27/7/2021).

Kepala BPN Mitra Zachrias Mangoto, A.Ptnh mengatakan, dalam pelaksanaannya ini merupakan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

"Untuk wilayah Mitra kegiatan pembuatan sertifikat di tahun 2021 ini untuk PTSL sudah jalan sebanyak 3150 juga sertifikat redis sebanyak 1740 sudah selesai, dan selanjutnya dalam program UMKM lainnya.

Ia juga menyampaikan , saat ini BPN juga dalam program UMKM berkerja sama dengan dinas terkait yakni dinas perikanan dan pertanian serta kegiatan sedang berjalan dan saat ini dalam proses di kantor .

"Untuk program tersebut saat ini sedang jalan yakni 300 sertifikat dan proses yang tercatat sudah mencapai 80%, kami juga memastikan penerima sertifikat tepat sasaran, yakni para nelayan dan petani serta masyarakat lainnya agar mereka dapat memulai peningkatan kualitas hidup yang lebih baik kedepannya,” tuturnya

Selain itu, Zachrias Mangoto kepada awak media pun mengatakan, dimasa pandemi covid-19 ini seluruh masyarakat kususnya dimitra mengalami masa sulit dan itu juga berdampak bagi pelaku-pelaku usaha umkm.

"Saat ini bagi pelaku usah umkm mengalami kesulitan dan kendala mereka antara lain permodalan, oleh sebab itu kami menurunkan para filstaf yang merupakan perpanjangan tangan BPN Mitra tugas mereka adalah mencari data-data yang ada didesa-desa,” terangnya.

Dalam program pemberdayaan ini semua data-data yang terkumpul akan dilihat dan nantinya kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar bisa membantu para pelaku usaha tersebut guna pemulihan ekonomi yang ada di mitra.

"Tentu kami dari pihak BPN akan bekerja sama dengan Bupati Mitra dan juga dinas terkait tentunya bahwa para pelaku usaha yang ada dimitra butuh permodalan, karena di Mitra banyak pelaku usah kecil dan menengah yang butuh perhatian pemerintah,” pungkas Mangoto.

Tentang Mitra

Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) adalah salah satu Kabupaten di antara 15 Kabupaten/Kota (11 Kabupaten dan 4 Kota) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota Kabupaten Minahasa Tenggara adalah Ratahan, berjarak sekitar 80 km dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki 12 kecamatan, 9 kelurahan dan 135 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara).

Luas wilayah Minahasa Tenggara adalah 710,83 km². 

Saat ini Kabupaten Minahasa Tenggara dipimpin Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Jocke Legi.

Baca juga: Warga di Merauke jadi Korban Kekerasan oleh Aparat, TNI AU Minta Maaf dan Siap Menindak Tegas

Baca juga: Warga di Merauke jadi Korban Kekerasan oleh Aparat, TNI AU Minta Maaf dan Siap Menindak Tegas

Baca juga: Pebulutangkis Kevin Sanjaya Ingin dapat Medali Emas di Olimpiade, Ayahnya Sebut Itu Cita-citanya

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved