Breaking News:

Berita Internasional

Menteri Pertahanan Perkuat Hubungan untuk lawan China, Gelar Kunjungan ke Asia Tenggara

Demi memperkuat hubungan di kawasan  sambil melawan China, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan mengunjungi Asia Tenggara

Editor: Rhendi Umar
(Getty Images via BBC Indonesia)
Lloyd Austin 

TRIBUNAMANADO.CO.ID - Demi memperkuat hubungan di kawasan  sambil melawan China, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan mengunjungi Asia Tenggara pada pekan ini.

AS telah menempatkan penentangan terhadap China di jantung kebijakan keamanan nasionalnya selama bertahun-tahun, dan Pemerintahan Joe Biden menyebut persaingan dengan Beijing sebagai "ujian geopolitik terbesar" abad ini.

Enam bulan kepemimpinannya, bagaimanapun, negara-negara Asia Tenggara masih mencari perincian strategi Biden serta rencana spesifik dia untuk keterlibatan ekonomi, perdagangan, dan militer dengan Indo-Pasifik.

"Anda akan mendengar saya berbicara banyak tentang kemitraan dan nilai kemitraan," kata Austin kepada wartawan dalam perjalanan ke Alaska, Minggu (25/7), seperti dikutip Reuters. "Tujuan saya adalah untuk memperkuat hubungan," tegasnya.

Dalam pidato utama di Singapura pada Selasa (27 Juli) dan pertemuan di Vietnam dan Filipina, Austin akan menyebut perilaku agresif China di Laut China Selatan dan menekankan pentingnya menjaga kawasan yang lebih luas bebas serta terbuka.

Perjalanannya mengikuti kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman ke China pada Minggu dan Senin, dan bertepatan dengan perjalanan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke India, mitra penting lainnya dalam upaya AS melawan Beijing.

China Diserang Virus Monkey B, Seorang Dokter jadi Korban Keganasan

Belum selesai dengan virus corona, China sudah kedatangan virus baru.

Seorang pakar kesehatan telah meninggal dunia setelah terinfeksi virus Monkey B (BV).

Ia menjadi kasus manusia pertama yang terserang virus ini.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved