Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Minggu 25 Juli 2021, Kisah Para Rasul 5:1-2 : Persekongkolan Suami Istri

Ada kejujuran dan ketulusan hati setiap jemaat ketika itu dalam menyerahkan milik mereka. Terutama aset berupa tanah yang dijual, untuk diserahkan.

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kehidupan jemaat mula-mula, luar biasa. Mereka hidup bersama. Segala sesuatu milik mereka, dijadikan milik bersama sebagai kumpulan orang percaya.

Mereka menjual miliknya dan membawanya kepada rasul-rasul untuk digunakan bersama sesuai keperluannya.

Ada kejujuran dan ketulusan hati setiap jemaat ketika itu dalam menyerahkan milik mereka. Terutama aset berupa tanah yang dijual, untuk diserahkan.

Seperti yang dilakukan Yusuf yang disebut Barnabas, orang Lewi asal Siprus. Dia menjual ladangnya dan semua uang hasil jualannya diserahkan kepada rasul-rasul.

Tapi, hal itu berbanding terbalik dengan keluarga Ananias dan Safira. Kedua suami-isteri ini juga menjual sebidang tanah mereka.

Mereka bersekongkol untuk menahan hasil jualan mereka dan membawa sisa hasil yang sudah "dikorupai" oleh mereka.

Demikian firman Tuhan hari ini. "Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. (ayat 1, 2)

Tindakan ini, dianggap jahat dan tidak patut di masa itu. Sebab, itu adalah sikap yang tidak jujur, menipu para rasul dan praktik KKN (kolusi, korupsi dan nepotisme) dalam keluarga.

Perbuatan itu tentu keji karena telah menipu para rasul, juga dianggap menipu Roh Kudus dan mendustai jemaat pada waktu itu.

Apalagi hal itu dilakukan dengan sengaja dan terencana. Pelakunya suami-isteri pula. Inilah yang menguatirkan jemaat, sekaligus memberatkan keduanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved