Breaking News:

Wacana GBHN

Dr Ferry Liando Sentil Agenda Terselubung di Balik Rencana Pokok-Pokok Haluan Negara

Rencana perubahan PPHN dituangkan dalam Keputusan MPR RI Nomor 8/MPR/2019 tentang Rekomendasi MPR RI Masa Jabatan 2014-2019.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Gedung MPR/DPR RI 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Wacana Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 'dihidupkan' lagi menjadi topik menarik dibahas setiap kali digelar diskusi tentang Empat Pilar Negara.

Rencana perubahan PPHN ini dituangkan dalam Keputusan MPR RI Nomor 8/MPR/2019 tentang Rekomendasi MPR RI Masa Jabatan 2014-2019.

Pengamat Politik Pemerintahan Sulut, Dr Ferry Liando mengungkap, dokumen haluan negara pada jaman orde baru disebut GBHN. Dokumen itu ditetapkan oleh MPR RI

Namun setelah amandemen UUD 1945 ketiga (2001), terjadi perubahan kekuasaan MPR. Termasuk kewenangan dalam penetapan GBHN.

Kemudian untuk menggantikan dokumen ini DPR bersama Presiden mengeluarkan UU no. 25/2004  tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional (Sispenas).

UU ini menyatakan, penjabaran dari tujuan dibentuknya Republik Indonesia seperti dimuat dalam Pembukaan UUD 1945, dituangkan dalam bentuk RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang).

Skala waktu RPJP adalah 20 tahun, yang kemudian dijabarkan dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah), yaitu perencanaan dengan skala 5 tahun yang memuat visi, misi dan program pembangunan dari presiden terpilih, dengan berpedoman pada RPJP.

"Ketika GBHN hendak dimunculkan kembali,  rupa-rupa reaksipun muncul," kata Liando dalam Sosialisasi Empat Pilar yang digelar atas kerja sama Persatuan Intelegensiaa Kristen Indonesia (PIKI) Sulut dan Komisi Pembinaan  Warga Gereja (PWG) di GMIM Bethesda Ranotana, Jumat (23/07/2021).

Dijelaskan Akademisi Unsrat ini, menjadi pertanyaan, lembaga apa yang berwenang membahas dan mengesahkan PPHN?

"Sementara dalam struktur kekuasaan tidak ada lagi lembaga tertinggi negara seperti MPR di zaman Orde Baru," kata Liando.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved