Breaking News:

Berita Sulut

Agus Fatoni Mantan Pjs Gubernur Sulut Sosialisasikan Indeks Inovasi Daerah, Upgrade Inovasi Usang

Pemerintah daerah dianggap perlu senantiasa melakukan upgrade dan update kebijakan inovasi.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST/Balitbang Kemendagri
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Agus Fatoni 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah daerah dianggap perlu senantiasa melakukan upgrade dan update kebijakan inovasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, langkah ini penting agar keberlanjutan dari inovasi dapat terukur dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, inovasi yang telah mencapai usia 2 tahun masa implementasi, memerlukan peningkatan dan pembaruan kebijakan agar dapat kembali dilaporkan dalam sistem Indeks Inovasi Daerah.

“Misalnya ada inovasi yang diimplementasikan tahun 2018, maka inovasi ini perlu kembali dilakukan pembaruan sehingga dapat kembali dilaporkan dalam Indeks Inovasi Daerah tahun ini,” ujar Mantan Pjs Gubernur Sulut ini.

Secara khusus Fatoni mensosialisasikan Penilaian Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021.

Fatoni menambahkan upgrade inovasi bisa dilakukan dengan melakukan penambahan terhadap fitur, SOP, substansi, dan teknis yang sebelumnya tidak tersedia dalam suatu inovasi.

Langkah upgrade juga bisa melalui pengintegrasian antar inovasi sehingga memperluas manfaat dari terobosan itu sendiri. Sedangkan update inovasi dapat dilakukan dengan memperbaiki atau melengkapi fitur, SOP, dan substansi dari suatu inovasi yang telah ada.

“Hakikat inovasi tidak berhenti pada satu titik, tapi terus bergerak untuk selalu membuat terobosan yang lebih baik lagi.

Upaya ini dilakukan agar inovasi tidak usang atau out of date engan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” imbuh Fatoni.

Menurutnya kebijakan inovasi yang tidak diperbarui dikhawatirkan akan menjadi suatu rutinitas yang membentuk budaya kerja sehingga tidak bisa lagi dikategorikan sebagai inovasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved