Breaking News:

Wabup Sitaro Pimpin Panen Perdana Tomat dan Cabai di Kampung Salili

Beraktivitas di kebun atau di laut itu jauh dari kerumunan, jumlah orang yang terlibat sangatlah terbatas

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
kharisma
Panen perdana tomat dan cabai di Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Program percontohan demonstrasi plot (demplot) Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk penanaman cabai dan tomat berbuah manis.

Dari 800 tanaman tomat yang ditanam di lahan Kampung Salili Kecamatan Siau Tengah (Siteng), 400 di antaranya telah memasuki panen perdana tahap pertama.

Proses panen dilakukan langsung Wakil Bupati Kepulauan Sitaro John Palandung bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny Diane Palandung Kamu serta Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPP Sitaro Yopie Jacobus. Kesempatan itu, Palandung mengapresiasi program DPP Sitaro yang bekerja sama dengan Kelompok Tani Bersehati Kampung Salili Kecamatan Siau Tengah.

"Tentunya ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama kelompok sehingga berhasil sampai ke tahap panen tahap pertama," kata Palandung, Rabu (21/7/2021).

Ia berharap, capaian DPP Sitaro bersama Kelompok Tani Bersehati maupun pemerintah Kecamatan Siau Tengah serta Kampung Salili tersebut bisa memberikan motivasi bagi kelompok tani lainnya dalam menggenjot program perkebunan, khususnya tanaman hortikultura.

"Ini merupakan salah satu langkah maju bagi pemerintah dan masyarakat dalam upaya menggenjot program perkebunan. Makanya kami terus mendorong agar masyarakat, khususnya kelompok tani bisa mampu melakukan langkah serupa dengan yang ada di Kampung Salili ini," ujar Palandung.

Apalagi, sambungnya, di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 saat ini, masyarakat dianjurkan untuk menghindari kerumunan dan gencar berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Beraktivitas di kebun atau di laut itu kan jauh dari kerumunan, karena jumlah orang yang terlibat sangatlah terbatas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan DPP Sitaro, Fone Katuhu menjelaskan, program demplot Dinas Pangan dan Pertanian telah berlangsung sejak Maret lalu. Di mana pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kecamatan, kampung dan Kelompok Tani.

"Kami memfasilitasi benih dan obat-obatan serta pupuk. Untuk pembukaan lahan, kami melibatkan kelompok tani dengan biaya operasional dari dinas," terang Katuhu.

Selanjutnya, dalam proses bercocok tanam, DPP Sitaro memberikan pendampingan kepada para kelompok tani hingga proses perawatan tanaman di atas lahan seluas 0,5 hektare.

"Nantinya akan ada panen tahap kedua, termasuk tanaman cabe," ujar Katuhu.

Dia menambahkan, program tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan DPP Sitaro untuk mewujudkan Kecamatan Siau Tengah sebagai pilot porject desa wisata.

"Karena Kampung Salili menjadi desa percontohan perkebunan untuk program desa wisata di Kecamatan Siau Tengah," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved