Breaking News:

Berita Sulut

Soal Keterlambatan Insentif Nakes, Taufik Tumbelaka: Pemerintah Perlu Lakukan Evaluasi

Teguran dari Mendagri kepada 19 Gubernur, termasuk Gubernur Sulut memang harus dilihat sebagai bentuk evaluasi

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Teguran dari Mendagri kepada 19 Gubernur, termasuk Gubernur Sulut memang harus dilihat sebagai bentuk evaluasi dimana ada hal yang terlewat.

Menurut pengamat Taufik Tumbelaka, hal itu sangat berpengaruh dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 yang sedang digenjot habis-habisan guna meredam transmisi Covid '19.

"Disini masalah insentif tenaga kesehatan (Nakes) memang sangat penting dikarenakan itu merupakan hak dari para Nakes yang merupakan salah satu garda terdepan dalam hal upaya penanggulangan Covid-19 dan juga secara tidak langsung menjadi stimulan dari para Nakes yang ruang lingkup kewajibannya sangat beresiko," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Apalagi, kata dia, diketahui tidak sedikit Nakes yang juga terkena Covid bahkan nyawa mereka ada yang tidak terselamatkan.

"Oleh karena itu pemberian insentif ini, perlu evaluasi secepatnya dan jika perlu terjadi rasionalisasi guna memperbaiki plus mempercepat proses administrasi yang menghambat," terang Tumbelaka.

Menurutnya, OPD terkait harus mendapat evaluasi berjenjang mulai eselon II, III dan seterusnya hal ini terkait organisasi dan manajemen yang berurutan / berjenjang.

Jika perlu terjadi rasionalisasi maka perlu dipastikan akan menjadi lebih baik.

"Hal ini dikarenakan terkait nama baik Gubernur dan Wagub Sulut yang di Indonesia sudah dianggap 'senior' karena sudah 2 periode jabatan," ungkapnya.

Terkait masalah bantuan sosial, Tumbelaka menyebut sebenarnya sudah ada pedoman umum dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri yang keluar pada hari Minggu (18/07) lalu yang diterima para Gubernur, Bupati / Walikota se Indonesia.

"Ini terkait bantuan mulai dari masker, hand sanitizer dan bantuan Bantuan sembako, suplemen sehat yang mana semua itu disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah, Oleh karena itu perlu pergeseran dan perubahan anggaran agar bansos bisa maksimal," tutup Tumbelaka. (Mjr)

Baca juga: Peringatan Dini Hari Ini Rabu 21 Juli 2021, BMKG: Sejumlah Wilayah Waspada Alami Cuaca Ekstrem

Baca juga: Unggah Hasil Tes PCR, Tya Ariestya Bersyukur Kini Dinyatakan Negatif Covid-19 Bersama Kedua Anaknya

Baca juga: Diduga Ada Keretakan, Gubernur Murad Ismail Ganti Sekda Maluku

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved