Breaking News:

CPNS Sulut

Pendaftar CPNS Membludak di Sulut, Pengamat Pemerintahan: Aktifkan Lagi Program Pra Kerja

Jefry Paat menyebut hal ini menandakan pemerintah tidak maksimal dalam menciptakan keseimbangan lapangan kerja baru kepada masyarakat.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rhendi Umar
tribunmanado.co.id/Ryo Noor
Jefry Paat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait membludaknya masyarakat yang ramai-ramai mendaftar CPNS di Sulut, Pengamat Pemerintahan Jefry Paat menyebut hal ini menandakan sampai saat ini pemerintah tidak maksimal dalam menciptakan keseimbangan lapangan kerja baru kepada masyarakat.

Sehingga dengan adanya atau dibukanya CPNS ini pendaftarnya justru membludak. 

Disini, kata Paat, pemerintah seharusnya membuka lapangan kerja yang lebih sesuai dengan kompetensi dan bidang masing-masing pelamar. 

"Contohnya dengan membuka pelatihan-pelatihan kerja terlebih dahulu kepada masyarakat sesuai bidang yang akan direkrut," jelas Paat kepada Tribun Manado. 

Selain itu, kita ketahui bahwa pemerintah beberapa waktu lalu melaunching dan membuka kartu pra kerja bagi masyarakat untuk dipersiapkan dalam pekerjaan. 

"Nah sekarang dimana semua itu, tidak ada follow up dari pemerintah soal pra kerja, cuma awal awal saja," ujar Paat. 

Oleh karena itu, inilah yang menjadi penyebab membludaknya pendaftar CPNS, karena pemerintah tidak mengakomodir aspek lain dalam menciptakan keseimbangan lapangan kerja

Solusinya, adalah menjalankan lagi program Pra Kerja, kemudian membuka lapangan kerja dengan membuka pelatihan pelatihan sesuai bidang yang digeluti. 

"Bisa juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk mendorong terciptanya lapangan kerja di Sulut, selain memenuhi kuota PNS di Sulut," pungkas Paat.

Tentang Manado

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved