Breaking News:

Berita Bolmong

Dispora Bolmong Siapkan Pengukuhan Duta Pancasila Bagi 38 Anggota Paskibraka 2021

Tahun ini, 38 Paskibraka Bolmong ini, nantinya akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila, setelah mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Dispora Bolmong.
Plt Kepala Dispora Bolmong I Wayan Mudiyasa. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Ada yang berbeda dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Bolmong tahun 2021 dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, 38 Paskibraka Bolmong ini, nantinya akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila, setelah mengikuti Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) I Wayan Mudiyasa, kepada Tribunmanado.co.id Senin (19/7/2021).

Menurutnya, puluhan anggota Paskibraka ini tak hanya dikukuhkan sebagai Paskibraka saja.

"Tapi nanti mereka juga akan dikukuhkan sebagai Duta Pancasila," aku dia.

Dijelaskan Mudiyasa, PIP diperuntukan bagi calon Paskibraka, yang merupakan implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda, melalui Program Pasukan Pengibar Bendera.

Dalam Perpres disebutkan, PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat Kabupaten/ Kota sampai tingkat Nasional.

"Selanjutnya, Paskibraka yang telah berhasil mengikuti tes PIP dan menyelesaikannya akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila,” jelasnya lagi.

Ia pun menegaskan, bahwa pemahaman nilai-nilai Pancasila sangat penting bagi generasi muda.

Setelah mengikuti PIP, para Duta Pancasila ini dapat memahami dan mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari, serta akan menjadi teladan dilingkungannya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved