Breaking News:

Berita Sitaro

Anggaran Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sitaro Capai Rp 43 Miliar

Berbagai langkah langsung diambil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) setelah merebaknya Pandemi Covid-19.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala BPKPD Sitaro Rolly Korengkeng 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pasca mewabahnya pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, berbagai langkah langsung diambil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Salah satunya dengan merelokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) guna mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKAD) Kabupaten Sitaro, Rolly Korengkeng mengatakan, untuk keperluan penanggulangan penyebaran Covid-19, pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 47 miliar.

"Kita (pemerintah daerah) telah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp 47 miliar," kata Korengkeng kepada tribunmanado.co.id, Senin (19/7/2021).

Dari angka tersebut, ia belum bisa menyebut realisasi anggaran yang terserap dalam upaya penanggulangan virus corona.

Namun demikian, khusus untuk tenaga kesehatan, Korengkeng bilang telah terserap lebih dari 50 persen.

"Keseluruhan realisasi anggarannya kami sedang hitung. Tapi yang pasti untuk tenaga kesehatan sudah lebih dari setengah," ujar Korengkeng.

Hal itu pun dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan, dr Semuel Raule. Menurut Raule, dari total anggaran sebesar Rp 1,8 miliar untuk tenaga kesehatan, pihaknya telah merealisasikan lebih dari Rp 900 juta.

"Khusus untuk nakes, anggarannya bersumber dari DAU. Serapannya sudah lebih dari setengah," ungkap Raule.

Disentil tentang insentif bagi Tim Vaksinator yang menjadi garda terdepan dari program vaksinasi Covid-19, Raule menyebut pemerintah daerah juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,7 miliar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved