Breaking News:

Idul Adha 2021

Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Wawali Hengky Honandar Siapkan Puluhan Hewan Kurban

Pemerintah Kota Bitung telah menyiapkan sekitar 21 hewan kurban jenis sapi dan tiga ekor kambing

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Chintya Rantung
tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere
Maurits Mantiri Wali kota Bitung dan Hengky Honandar Wakil walikota Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021 mendatang.

Sejumlah umat Islam pun mulai mempersiapkan hewan kurban untuk dikurbankan di hari raya Idul Adha nanti.

Tak terkecuali di kota Bitung.

Pemerintah Kota Bitung telah menyiapkan sekitar 21 hewan kurban jenis sapi dan tiga ekor kambing pada pelaksanaan hari raya Idu Adha dan Kurban 1442 H/2021.

Meriati Dumbela Pembina Badan Taskir Pemerintah Kota Bitung mengatakan hewan kurban jenis sapi dan kambing tersebut terdiri dari delapan ekor sapi dari pemerintah Kota Bitung, ada pula bantuan atau Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Bank SulutGo dan perusahan di Bitung.

"Rencanannya, hewan kurban ini akan disalurkan secara simbolis kepada penerima besok hari oleh wakil wali kota Bitung Hengky Honandar," tutur Meriati Dumbela Minggu (18/7/2021) malam.

Lanjut Meriati Dumbela yang kesehariannya sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Bitung menyebutkan penyerahan hewan kurban ini hanya akan diserahkan secara simbolis, dikarenakan masih dalam masa pandemi covid 19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sekedar diketahui berikut ini aturan pelaksanaan Idul Adha berdasarkan

hasil Rapat Pemerintah, Badan Kerjasama Antar Umat Beragama, Forum Kerukunan Umat Beragama, Majelis Ulama Indonesia hingga Panitia Peringatan Hari Besar Islam Kota Bitung:

1. Melaksanakan Kumandang Takbir pada malam Hari Raya Idul Adha hanya di Masjid/Mushola dengan jumlah terbatas dan tidak di berikan Izin Takbir keliling atau kegiatan lainnya dalam bentuk apapun yang menyebabkan kerumunan masa.

2. Sebelum melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha di lapangan terbuka atau Mesjid/Mushola untuk dapat berkordinasi dengan Pemerintah, Satgas Covid-19 dan unsur keamanan setempat, untuk mengetahui informasi status zonasi dan menyiapkan tenaga pengawas agar standar protokol kesehatan Covid-19 dijalankan dengan baik dan terkendali.

3. Dalam Shalat Hari Raya Idul Adha dilaksanakan di lapangan terbuka atau dimasjid wajib menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan menerapkan 5 M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, Pakai Sabun dan air mengalir, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan memperhatikan kehadiran paling banyak 50% (persen) dari kapasitas tempat agar memungkinkan untuk menjaga jarak antar Jemaah.

4. Dalam Pelaksanaan Kegiatan Kurban di RPH (Rumah Potong Hewan ) di lakukan diluar ruangan dengan protokol kesehatan yang ketat, baik penyembelihan dan pendistribusian daging kurban.

Baca juga: Aturan dan Panduan Sholat Idul Adha 2021 Disertai Dengan Doanya

Baca juga: Kecelakaan Maut Tadi Pukul 15.40 WIB, 3 Penumpang Tewas usai Mobil yang hendak Melambung Hantam Truk

Baca juga: PLN Perpanjang Program Green LifeStyle, Ada Harga Spesial untuk Layanan REC dan Tambah Daya

 

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved