Breaking News:

Penanganan Covid

Masa PPKM Mikro di Sulut Diperpanjang, Jones Manoppo: Kita Sedang Terjepit

PPKM Mikro hanya berlaku 5 Juli 2021-18 Juli 2021, namun sekarang diperpanjang 19 Juli 2021- 1 Agustus 2021

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Chintya Rantung
istimewa
dr Jonesius Manoppo, Pengamat Kesehatan dari IKM Unima 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Sulawesi Utara (Sulut) resmi diperpanjang.

Tadinya, PPKM Mikro hanya berlaku 5 Juli 2021-18 Juli 2021, namun sekarang diperpanjang 19 Juli 2021- 1 Agustus 2021.

Menurut Epidemiolog Sulut, Jonesius Eden Manoppo PPKM Mikro merupakan kebijakan pemerintah yang merepresentasikan pengurangan mobilitas penduduk, sehingga interaksi antar warga semakin kecil.

Hal ini diharapkan bisa memutus mata rantai penularan.

"Sebenarnya idealnya memang harus lock down agar penularan bisa cepat diputus.

Tetapi mengingat ketahanan ekonomi jangka pendek masyarakat yang tidak memungkinkan maka pemerintah mengambil jalan tengah yaitu PPKM yang kemudian sekarang berkembang menjadi PPKM Mikro di daerah penularan sedang dan PPKM Darurat di daerah dengan risiko penularan tinggi," jelas Jones saat dihubungi, Minggu (18/7/2021).

PPKM Mikro memang tidak secara langsung bisa menurunkan jumlah orang yang terpapar, karena yang terkonfirmasi positif saat ini merupakan hasil dari paparan waktu sebelumnya.

Namun Eden menjelaskan, melihat masih banyaknya kasus aktif dan penemuan kasus terkonfirmasi positif yang masih tinggi dibanding dua pekan sebelumnya, maka penting untuk memperpanjang PPKM Mikro dengan rentang waktu masa inkubasi yaitu rata-rata dua minggu.

Selain tetap melakukan 3T (testing, tracing, treatment) yang masif dan sistematis, Jones berpendapat upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui kebijakan PPKM Mikro sebenarnya sudah cukup.

"Dalam poin-poin edaran gubernur sebenarnya sudah cukup untuk menurunkan mobilisasi masyarakat, namun yang perlu diperhatikan ialah pelaksanaannya di lapangan," lanjut Jones.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved