Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca BMKG dalam Sepekan Ke Depan, Sulawesi Utara Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Berdasarkan analisis terhadap perkembangan dinamika atmosfer tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem

Tribunmanado/Indra Sudrajat
Ilustrasi Cuaca Ekstrem, Prakiraan Cuaca BMKG dalam Sepekan Ke Depan, Sulawesi Utara Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut ini kami sajikan update prakiraan cuaca di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Berdasarkan analisis terhadap perkembangan dinamika atmosfer tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Peringatan Dini BMKG Minggu 18 Juli 2021, Sebanyak 13 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Update Prakiraan Cuaca di Wilayah Indonesia dalam Sepekan Ke Depan, Jabar Berpotensi Cuaca Ekstrem

Dikutip dari siaran pers BMKG, kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan analisis terhadap perkembangan dinamika atmosfer tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG - LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut:

Pada tanggal 16-18 Juli 2021: Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pada tanggal 19-21 Juli 2021: Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pada tanggal 22-23 Juli 2021: Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved