Berita Bolmut

Sekda Bolmut Hadiri Rapat PTB Kawasan Hutan Kabupaten Bolmut, Ini 5 Poin Penting yang Dibahas

Sekda) Bolaang Mongondow Utara Asripan Nani membuka secara resmi kegiatan rapat Panitia Tata Batas (PTB) Kawasan Hutan Kabupaten Bolmut

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Sekda Bolmut Asripan Nani ikuti rapat Tata Batas (PTB) Kawasan Hutan di Kabupaten Bolmut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sekertaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani membuka secara resmi kegiatan rapat Panitia Tata Batas (PTB) Kawasan Hutan Kabupaten Bolmut yang bertempat di ruang rapat Bupati Bolmut.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Bolmut menyampaikan atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah VI dan tentunya juga kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara yang telah berperan dan mendukung sepenuhnya kegiatan penyelesaian dan penguasaan tanah dalam kawasan hutan dan tata batas di kabupaten Bolmut.

"Melalui pelaksanaan pemancangan batas sementara dan inventarisasi serta indentifikasi hak pihak ketiga, kita dapat mengetahui ada tidaknya batas yang bermasalah dengan hak hak pihak ketiga, yang berada di sepanjang trayek batas," jelas Sekda Bolmut, Jumat (16/7/2021).

Selain itu, lanjut Sekda, dapat memastikan batas hak pihak ketiga disepanjang trayek batas dan areal yang berada di luar kawasan hutan yang layak dijadikan kawasan hutan untuk mempertahankan kekacupan luas kawasan hutan.

Adapun, kata Sekda beberapa poin penting terkait langkah langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, melakukan pengukuran panjang batas sementara dan membuat rintisan batas.

Kedua, melakukan Pemancangan Batas sementara.

Ketiga, memberikan informasi mengenai batas, posisi dan jumlah tanda batas sementara yang telah terpasang disepanjang batas hutan.

Keempat, menginventarisasi dan mengindentifikasi ada tidaknya hak hak pihak ketiga yang berada disepanjang trayek batas.

Kelima, mengungumkan hasil pemancangan batas sementara.

"Jadi dalam pelaksanaan kegiatan penataan batas kawasan hutan ini, nantinya akan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Hutan Melalui Badan Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah enam Manado," papar Sekda.

Untuk itu, dirinya meminta perhatian dan kerjasama serta keseriusan dari kita semua selaku panitia tata batas hutan.

"Pengusaan hutan oleh negara bukan merupakan kepemilikan, tetapi negara memberi wewenang kepada pemerintah untuk mengatur dan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan hutan, kawasan hutan," tutup Sekda Bolmut. (Mjr)

Tentang Bolmut

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved