Breaking News:

Berita Bolmong

DLH Bolmong Gelar FGD Bahas Penyusunan DIKPLHD Tahun 2021

DLH Kabupaten Bolmong menggelar forum group discussion (FGD) penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (DIKPLHD)

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Istimewa/Dokumentasi DLH Bolmong.
Forum group discussion (FGD) penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (DIKPLHD) Kabupaten Bolmong Tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar forum group discussion (FGD) penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah (DIKPLHD) Kabupaten Bolmong Tahun 2021.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, digelar di RM Arsyillah Lolak, Rabu, (14/7/2021).

Dalam sambutannya, Tahlis Gallang mengatakan, pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan mengandung maksud bahwa pembangunan tidak hanya mengejar kepentingan saat ini.

Tetapi harus memperhatikan kepentingan generasi yang akan datang, dan tetap menjaga aspek - aspek keserasian, keseimbangan dan kelestarian fungsi lingkungan.

Menurutnya, penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah ini dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta wajib dipublikasikan kepada masyarakat.

Ini menjadi bagian penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup untuk menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

"Bolmong sangat kaya sumber daya alam, tapi itu tidak boleh dihabiskan oleh generasi saat ini tapi wajib diatur pengelolaannya sehingga bisa dimanfaatkan sampai pada generasi di masa akan datang," kata Tahlis, sesuai rilis yang diperoleh Tribun Manado, Kamis (15/7/2021).

Lebih lanjut Tahlis mengatakan, apa yang dilakukan oleh generasi saat ini terkait pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup terkait pemanfaatan sumber daya alam, dampaknya akan dirasakan oleh generasi dimasa depan.

Sehingga, terkait perlindungan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Bolmong telah tertuang jelas dalam Visi Misi Kabupaten Bolmong.

"Itu tertuang dalam bentuk penyusunan dokumen daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, penyusunan KLHS RPJMD, KLHS RTRW dan beberapa kebijakan strategis lainnya," ucap Tahlis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved