Breaking News:

Info BMKG

Sulut Sering Dilanda Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Ben Molle koordinator bidang observasi dan informasi (BMKG) stasiun meteorologi Sam Ratulangi Manado wilayah Sulawesi Utara menjelaskan penyebabnya.

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Fistel Mukuan
Ben Molle selaku koordinator bidang observasi dan informasi BMKG stasiun meteorologi Sam Ratulangi Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kota Manado akhir-akhir  ini di siang hingga sore hari sering dilanda hujan ringan hingga deras.

Ben Molle selaku koordinator bidang observasi dan informasi (BMKG) stasiun meteorologi Sam Ratulangi Manado wilayah Sulawesi Utara (Sulut) menjelaskan penyebabnya.

"Akhir-akhir ini di Sulut sering terjadi hujan lebat dengan durasi yang tidak terlalu lama di dominasi pada siang hingga sore hari.

Jikalau dikaitkan dengan informasi iklim musim kemarau lalu, akan terjadi pada bulan Juni. Namun, dengan kondisi pengaruh atmosfer yang terjadi sehingga musim kemarau terjadi pengunduran," katanya.

Lanjutnya, hal yang mengakibatkan cuaca di Sulut masih didominasi oleh katareristik masa peralihan dengan kondisi hujan.

"Karena masa peralihan akhir-akhir ini masyarakat Sulut terlebih khusus kota Manado, Minut, Minsel dan Bitung sering terjadi hujan."

"Pada bulan Juli ini masih didominasi oleh kondisi masa peralihan, nanti pada awal bulan Agustus baru masuk curah hujan terendah," tambahnya.

Diperkirakan pada Agustus masih terjadi hujan tapi tidak banyak dan mulai reda sampai masuk musim kemarau.

Kata dia, masa peralihan ini terjadi di siang hingga sore hari.

"Sehingga kepada masyarakat agar lebih mengantisipasi curah hujan yang terjadi jika ada hujan lebat disertai petir," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved