Breaking News:

RHK Selasa 13 Juli 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 1 Tesalonika 5:14 - Teguran

Ada peribahasa lama yang mengatakan di ujung cemeti ada emas. Peribahasa ini memberi makna bahwa teguran yang diberikan

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

1 Tesalonika 5:14
"Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang."
--------------------------------------------

ILSUTRASi Renunan
ILSUTRASi Renunan (Tribun Manado/Indra Sudrajat)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada peribahasa lama yang mengatakan di ujung cemeti ada emas. Peribahasa ini memberi makna bahwa teguran yang diberikan akan membuat seseorang menjadi lebih baik. Teguran adalah cara memperingatkan seseorang agar ia sadar dengan apa yang dilakukannya. Karena itu teguran adalah tindakan yang terhormat dan mulia sehingga disebut seperti emas.

Bagian Alkitab hari ini berisi nasihat ”tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib”. Mereka yang menyimpang dari jalan benar. Memang ini ditujukan kepada orang-orang yang tidak mau bekerja, 1 Tesalonika 4:11, tetapi perintah ini juga ditujuhkan kepada orang-orang yang tidak teratur dan malas.

Sikap hidup jemaat yang tidak tertib dan malas, Paulus mengingatkan mereka untuk berkerja keras (ayat 12). Nasihat “hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang,” bermaksud supaya jemaat tabahkan hati atau tenangkan mereka yang merasa cemas dan sedih, menolong mereka yang berkekurangan sesuatu atau lemah, sabar dan jangan membentak siapapun.

Sebagai keluraga Kristen hendaknya kita hidup tertib dan bersih supaya tidak mengalami penyakit yang mem-bahayakan. Memang orang tua menghendaki anaknya supaya hidup berkenan kepada Tuhan Allah dalam Yesus Kristus. Juga sebagai orang tua yang mengasihi dan mencintai anak-anak harus menegor mereka apabila tidak tertib dalam hidup.

Mereka harus tertib berdoa, belajar, menghormati orang tua dan guru serta pelayan Tuhan. Ingat kekayaan bukan hanya pada banyaknya uang dan harta tetapi pada kesediaan setiap anggota keluarga yang menerima teguran. Orang tua perlu memberi ganjaran kepada anak-anak yang tidak mau mendengar didikan orang tua. Ganjaran itu tidak boleh dalam bentuk kekerasan namun dalam bentuk pengajaran yang didasarkan pada cinta kasih. Amin.

DOA: Ya Tuhan, ajarilah kami untuk hidup tertib dan mau mengikuti aturan yang Tuhan berikan kepada kami, gereja dan keluarga serta aturan pemerintah. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved