Breaking News:

Idul Adha 2021

Ustad Gifranda Mooduto Ajak Masyarakat Bolsel Menabung untuk Berkurban di Idul Adha 

Selain ibadah haji yang bertepatan 10 Dzulhijjah, umat muslim juga merayakan Idul Adha dengan berkurban.

Penulis: Indra Wahyudi Lapa | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Gifranda Mooduto
Suasana hari raya idul Fitri 1442 H / 2021 M di Bolsel, Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Umat Islam sedunia termasuk di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Selain ibadah haji yang bertepatan 10 Dzulhijjah, umat muslim juga merayakan Idul Adha dengan berkurban.

Dalam pandangan islam, kurban diartikan sebagai persembahan kepada Allah.

Menurut Ustad Gifranda Mooduto, Hari Raya Idul Adha, selain menyempurnakan rukun islam yang ke-5 yaitu menunaikan ibadah haji, juga agar umat muslim melakukan kurban.

"Kurban yang berasal dari kata Qoriba-yaqrobu memiliki makna dekat atau mendekatkan, yaitu mendekatkan diri kepada Allah melalui Ibadah qurban," ujar dia saat ditemui Tribun Manado, Senin (12/7/2021). 

Tidak hanya itu, Mahasiswi Islam Madinah (UIM) itu menambahkan, kurban juga merupakan salah satu ungkapan rasa syukur Umat islam kepada Allah.

"Kurban adalah ungkapan syukur kepada Allah, atas limpahan rezekiNya dengan cara kita membagikan daging kurban kepada para fakir miskin," papar pemuda Desa Tolondadu Dua itu. 

Lulusan Sekolah Tinggi Bahasa Arab (STIBA) Ar-Rayyah di Sukabumi ini juga mengatakan, seharusnya para pengusaha muslim, pegawai atau pekerja yang memiliki penghasilan tetap, mampu untuk melaksanakan ibadah ini.

"Karena kita tahu bersama bahwa waktu kita untuk bersedekah itu bisa setiap hari atau sepanjang tahun, beda dengan Berqurban. Itu hanya terjadi selama setahun sekali," ungkapnya. 

Putra dari pasangan Ariyanto Mooduto dan Satnawati Duto itu menambahkan, jika umat Islam tidak berqurban tahun ini, maka kamu harus menunggu tahun depan untuk berqurban.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved