Breaking News:

Berita Bolmut

Sambut Hari Raya Idul Adha, Bupati Bolmut Terima Prosesi Adat Mopohabaru

Prosesi Mopohabaru ini sendiri sangat unik yang biasa dilaksanakan oleh warga Bolaang Mongondow Utara

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Jelang Hari Raya Idul Adha, Bupati Depri Pontoh terima prosesi adat Mopohabaru. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh menerima prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 Hijriah/2021 Masehi yang bertempat di Rumah dinas Bupati Bolmut, Senin (12/7/2021).

Prosesi Mopohabaru ini sendiri sangat unik yang biasa dilaksanakan oleh warga Bolaang Mongondow Utara, saat jelang bulan suci Ramadan maupun hari raya besar keagamaan lainnya.

Kebiasaan ini dikemas dalam prosesi adat yang ditujukan kepada pemimpin atau kepala daerah.

Dalam kesempatan tersebut tampak Bupati Depri Pontoh memakai pakaian adat Bolmut disambut oleh Aliansi Lembaga Adat dengan prosesi Mopohabaru.

Dalam arahannya Bupati Depri Pontoh menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut yang telah menyampaikan kabar terkait Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 Hijriah/2021 Masehi.

"Terimakasih kepada Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang pada kesempatan yang baik ini boleh menyampaikan kabar menyambut Hari Raya Idul Adha tahun ini," ungkap Bupati.

Sebelummya, proses adat Mopohabaru telah dilaksanakan dari tingkat desa, dan tingkat Kabupaten.

Bupati Depri Pontoh pun berpesan dalam pelaksanaan Mopohabaru ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19.

"Dalam menyambut Hari raya Idul Adha ini, saya mengimbau seluruh masyarakat di Kabupaten Bolmut untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, agar terhindar dari penularan," jelas Bupati.

Dalam prosesi adat tersebut, Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut memberitahukan atau menyampaikan kabar kepada Bupati Bolmut (Ki Doni Pangulu) bahwa pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 H jatuh pada hari Selasa 20 juli 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved