Breaking News:

Berita Manado

Pembelajaran Tatap Muka di Manado Batal Dilaksanakan, Ini Penjelasan Epidemiolog Sulut

Di beberapa wilayah di Sulawesi Utara, pembelajaran kembali dilaksanakan secara daring karena kasus virus corona (Covid-19) terus meningkat.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rhendi Umar
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kegiatan belajar mengajar tatap muka terbatas di salah satu sekolah di Kabupaten Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembelajaran tatap muka (PTM) resmi dibatalkan sejak Senin (5/7/2021).

Di beberapa wilayah di Sulawesi Utara, pembelajaran kembali dilaksanakan secara daring karena kasus virus corona (Covid-19) terus meningkat.

Meski begitu ada beberapa daerah yang tetap menerapkan PTM karena kasus Covid-19-nya terkendali, seperti di Bolaang Mongondow Selatan ( Bolsel) dan Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro).

Kedua daerah tersebut terhitung memiliki jumlah kasus Covid-19 yang rendah karena termasuk zona kuning atau zona dengan risiko penularan rendah.

Epidemiolog Sulut, Jonesius Eden Manoppo mengatakan PTM terbatas memang telah diwacanakan oleh pemerintah sejak awal Januari dengan catatan sekolah siap menerapkan protokol kesehatan dan suatu daerah memiliki kasus aktif yang rendah.

Sebelum menerapkan PTM terbatas, Eden menganggap pemerintah daerah (Pemda) Bolsel dan Sitaro sudah mengkaji sejak lama soal rendahnya kasus, kesiapan sekolah, dan tingkat kesulitan guru serta siswa untuk menyelenggarakan PTM terbatas.

"Sitaro juga demikian, kepulauan memang memiliki keuntungan tersendiri dalam pandemi ini karena minimnya interaksi antar pulau yang menyebabkan penularan Covid-19 dengan mudah bisa diputus," jelas Jones, Senin (12/11/2021).

Sedangkan di Manado dan beberapa wilayah Sulut daratan lainnya saat ini sedang terjadi penularan aktif dan jumlahnya terus bertambah.

Menunda PTM terbatas dianggap sebagai salah satu cara memutus rantai penularan.

"Pertimbangan lain yaitu Manado dan sekitarnya masih memiliki fasilitas dan akses terhadap layanan daring, sehingga memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring," tambah Jones.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved