Breaking News:

Penanganan Covid

Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Soal 18 Kasus Positif Covid-19 yang Bertambah di Kabupaten Bolmut

Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut, kembali ketambahan 18 kasus terkonfirmasi Positif covid-19, Minggu (11/7/2021).

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Kadis Kesehatan Bolmut, dr Jusnan C Mokoginta MARS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut, kembali ketambahan 18 kasus terkonfirmasi Positif covid-19, Minggu (11/7/2021).

Dari hasil Surveilens Dinas Kesehatan Bolmut 18 orang pasien terkonfirmasi positif covid ini terbanyak berada di Kecamatan Bolangitang Timur, dengan total terdapat 15 kasus, diikuti Kecamatan Bintauna 2 kasus, dan Bolangitang Barat 1 kasus.

Penambahan kasus tersebut adalah yang ke 136, sampai ke 153 dari akumulasi total kasus positif di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Diketahui, dari 18 kasus itu, 9 diantaranya merupakan kontak erat pasien covid yang meninggal, kemudian 4 kasus merupakan pelaku perjalanan dari luar Pulau Sulawesi yang notabene merupakan Daerah Zona Merah dan ada 5 kasus positif merupakan kontak erat dari pelaku perjalanan luar pulau Sulawesi tersebut.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS kepada Tribunmanado.co.id, menjelaskan terkait penambahan kasus tersebut, Tim Satgas Covid terus melakukan langkah-langkah pencegahan untuk memutus mata rantai penularan covid di Kabupaten Bolmut.

"Jadi sampai saat ini kita tetap memaksimalkan Tracing dan Tracking kontak erat pasien positif dan langsung mengisolasi kontak erat resiko tinggi (KERT) serta melakukan pengambilan swab PCR pada kontak erat," ujar Mokoginta, Minggu (11/7/2021).

Selain itu, Kadis Kesehatan mengatakan bahwa sampai saat ini pemerintah terus memaksimalkan pemberian vaksinasi kepada masyarakat di Bolmut yang dilaksanakan di enam kecamatan.

"Dengan adanya ketambahan 18 kasus positif ini tentu pemerintah terus berupaya melakukan langkah-langkah antisipatif, diantarannya dengan terus menggenjot pemberian vaksinasi kepada masyarakat Bolmut," terang Mokoginta.

Dijelaskannya, bahwa angka vaksinasi covid-19 di kabupaten Bolmut telah mencapai pada angka 18.126 atau 28,46 persen orang sudah divaksinasi, yang terdiri dari 2.570 atau 4,03 persen orang tervaksinasi lengkap, dan 15.550 atau 24,41 persen orang sudah divaksinasi dosis pertama.

"Dan kabupaten Bolmut secara nasional berada di peringkat ke-19 capaian vaksinasi dosis pertama tertinggi dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia, dengan presentasi 24 persen. Capaian ini merupakan hasil kerja sama dari kita semua, mulai dari pemerintah daerah, DPRD, Unsur TNI dan Polri, Kejaksaan Negeri dan instansi vertikal lainnya, beserta pemerintah desa dan masyarakat Bolmut," ungkap Kadis Kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved