Breaking News:

Berita Bitung

Dampak Blasting Terhadap Sejumlah Warga, Lurah Pinokalan: Tidak Tahu, Saat Itu Tidak Ditempat

Kegiatan blasting yang dilakukan pihak pelaksanan pengerjaan mega proyek jalan tol Manado Bitung, Sabtu kemarin ternyata tidak diketahui pemerintah

christian wayongkere/tribun manado
Pintu masuk jalan tol di ring road Manado ke arah Pintu Tol Danowudu di Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Blasting dalam pengerjaan mega proyek jalan Tol Manado Bitung, berdampak pada masyarakat.

Pasalnya, sejumlah masyarakat di Kelurahan Pinokalan Bitung, kerap merasakan getaran hingga dampak secara langsung ke bangunan rumah mereka.

Seperti yang terjadi Sabtu (10/7/2021) lalu, sejumlah rumah warga kena dampak dari pelaksanaan blasting tersebut. Bahkan sejumlah kendaraan ikut kena dampak, kaca mobil bagian depan pecah dan retak.

Kegiatan blasting yang dilakukan pihak pelaksanan pengerjaan mega proyek jalan tol Manado Bitung, pada hari Sabtu ternyata tidak diketahui oleh pemerintah setempat.

Hal ini dikatakan Keti Emor Lurah Pinokalan Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, saat dikonfirmasi Minggu (11/7/2021).

"Kami belum tahu persis berapa rumah warga dan di lingkungan berapa, serta apakah kena retil modern atau tidak. Karena saat blasting kami tidak ada di tempat legi pergi berkebun, dan kami pemerintah kelurahan dan camat tidak diberitahu kalau akan berlangsung blasting pada hari Sabtu itu," kata Keti Emor lurah Pinokalan, Minggu (11/7/2021).

Menurut Keti Emor, blasting di lokasi jalan tol tepatnya di kilometer 30 Jembatan Pinokalan yang sempat menimbulkan masalah baru dia ketahui setelah ada warga yang menelpon dan menyampaikan ada kegiatan blasting dan berdampak ke sejumlah rumah warga.

Aktivitas blasting sendiri, sempat di himbau oleh pemerintah kelurahan untuk di stop karena dampak yang dirasakan masyarakat.

Hingga saat ini masih berlangsung negosiasi untuk ganti rugi rumah yang terdampak pada waktu lalu, di lingkungan enam dan tujuh kelurahan Pinokalan.

"Untuk masalah hari Sabtu langsung di tangani oleh pihak PP Jalan tol yang melakukan pendataan langsung berapa rumah warga yang terdampak beserta kerugiannya," tandasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved