Breaking News:

RHK Minggu 11 Juli 2021

BACAAN ALKITAB 1 Tesalonika 5:12-13a - Hormati dan Dukunglah Pemimpin

Pelayanan penginjilan Paulus di zaman jemaat mula-mula, luar biasa. Banyak jiwa diselamatkan dan menjadi percaya

Editor: Aswin_Lumintang
BACAAN ALKITAB 1 Tesalonika 5:12-13a - Hormati dan Dukunglah Pemimpin
Ilustrasi berdoa

  1 Tesalonika 5:12-13a
TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelayanan penginjilan Paulus di zaman jemaat mula-mula, luar biasa. Banyak jiwa diselamatkan dan menjadi percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia. Banyak di antaranya yang memberi diri membantu Paulus dalam pelayanannya itu. Termasuk yang ada di jemaat Tesalonika.

Rasul Paulus menasihati jemaat di Tesalonika agar mereka menghormati mereka yang sudah bekerja keras mengajarkan tentang Kristus dan yang sering menegor mereka untuk hidup baik dan benar.
Jemaat di Tesalonika dinasihati agar mereka menjunjung dalam kasih pekerjaan pelayanan mereka yang sekaligus berfungsi sebagai pemimpin umat pada waktu itu.

Kisah Paulus, Penganiaya Jemaat yang Berubah Saat Matanya Menjadi Buta, Pengaruhnya Besar
Kisah Paulus, Penganiaya Jemaat yang Berubah Saat Matanya Menjadi Buta, Pengaruhnya Besar (kolase foto tribun manado/istimewa)

Paulus bermaksud mengingatkan mereka agar selain menghormati pekerjaan dan tanggung jawab pelayanan mereka, jemaat juga menopang atau menjunjungnya berdasarkan kasih, yakni kasih Kristus.

Demikian firman Tuhan hari inj.
  "Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu;
  dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka." (ay 12, 13a)_
Para hamba Tuhan ini adalah pemimpin mereka. Jadi Paulus mengingatkan agar jemaat memghargai dan mendukung tugas kepelayanan dan kepemimpinan mereka. Sebab mereka telah bekerja keras atas tugas dan tanggungjawab pelayanan mereka itu.

Jangan menganggap rendah pemimpin apalagi hamba Tuhan, agar kita tidak direndahkan oleh Tuhan. Tapi topanglah mereka dalam melaksanakan tugas kepelayanannya dan panggilan serta fungsi kepemimpinan apapun yang menjadi tanggungjawab dan kewajiban mereka.

Sahabat Kristus, nasihat Paulus ini juga untuk kita di zaman now. Bukan hanya jemaat Tesalonika (ketika itu). Maka hendaklah kita juga mempraktikan dan melakukan nasihat Paulus itu, di tengah pelayanan, tugas, tanggungjawab, pelayanan, pergaulan dan di tengah masyarakat, bangsa dan negara.

Ada orang yang ditentukan Tuhan melalui proses-proses tertentu, untuk menjadi pemimpin di tengah-tengah kehidupan kita. Janganlah kita merasa pintar dan akhirnya meremehkan mereka. Tapi, hormati dan dukunglah mereka dalam pekerjaannya itu. Sebab apa yang mereka lakukan itu, untuk kebaikan kita juga.

Ingatlah juga bahwa sekecil dan sesederhana apapun, kita juga adalah pemimpin. Setidaknya sebagai pemimpin bagi diri kita sendiri. Jadi, kalau kita tidak menghormati pemimpin, berarti kita tidak menghormati diri kita sendiri yang juga adalah pemimpin.

Orang yang berhasil memimpin dirinya sendiri dengan baik, pasti mampu juga memimpin orang lain dengan baik. Maka hormati dan dukunglah para pemimpin, seperti kita harapkan dilakukan untuk diri kita sendiri. Jadi, pimpinlah diri kita sendiri dengan baik, kelak kita akan menjadi pemimpin yang baik bagi orang lain.

Mulailah dari diri kita sekarang ini juga, untuk menghormati pemimpin dan hamba Tuhan di sekitar kita, baik dalam pekerjaan, pelayanan, pergaulan, dalam masyarakat bahkan di mana saja. Itu berarti kita telah menghormati diri kita sendiri. Hal ini menyenangkan hati Tuhan.

Sebagai keluarga dan umat Kristen, jadilah pelopor dan teladan dalam hal menghormati dan mendukung atau menopang pemimpin dan pelayan atau hamba Tuhan.

Dukunglah mereka dengan kasih. Artinya dukunglah mereka tanpa pamrih, bukan karena _"mo cari muka."_ Tapi dengan tulus hati. Tuhan memgasihi setiap orang yang tulus hatinya. Amin

 DOA: Tuhan Yesus, ajar kami memiliki kerendahan dan kerelaan hati menghormati dan mendukung para hamba Tuhan dan pemimpin di sekitar kami. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved