Breaking News:

Berita Sulut

23 Pengusaha Perikanan Sulut Dapat Pelatihan Cara Lakukan Ekspor Mandiri dari BKIPM Manado

Kelas Ekspor yang diselenggarakan oleh BKIPM Manado kali ini merupakan rangkaian Pekan Pelayanan Publik Tahun 2021

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi BKIPM Manado
Kelas Ekspor yang diselenggarakan oleh BKIPM Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Manado, kembali telah mengadakan kelas ekspor bagi pengusaha perikanan kecil dan menengah yang sedang berkembang yang ada di Wilayah Sulawesi Utara (Sulut).

Dengan jumlah peserta terbatas yakni sebanyak 23 pengusaha perikanan telah menyelesaikan kelas ekspor yang dilaksanakan di Aula Rapat Kantor BKIPM Manado.

Kelas Ekspor yang diselenggarakan oleh BKIPM Manado kali ini merupakan rangkaian Pekan Pelayanan Publik Tahun 2021.

Kepala Balai KIPM Manado, Muhammad Hatta Arisandi, pada pembukaan kegiatan Kelas Ekspor ini menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk merangsang munculnya eksportir-eksportir baru.

Sehingga dapat meningkatkan ekspor produk perikanan asal Sulut.

Untuk menunjang kegiatan ini juga maka selain narasumber dari BKIPM Manado, pihaknya juga turut mengundang Narasumber dari Bea Cukai Manado.

“Kelas Ekspor ini untuk sosialisasi kepada para eksportir pemula untuk dapat melakukan ekspor secara mandiri, sehingga dapat menekan biaya yang dikeluarkan secara percuma," jelas Hatta, saat dihubungi Tribun Manado, Minggu (11/7/2021).

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Manado M. Anshar, menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi ini kuncinya adalah ekspor.

“Dari sisi perijinan ekspor dari Bea Cukai sendiri, cukup mengklik perijinan ekspor di OSS maka ijin ekspor sudah selesai," ucapnya.

Ekspor produk perikanan dari Sulut juga masih bertahan di masa pandemi Covid19 ini.

Mengingat berbagai upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak diantaranya adalah Direct Call Manado ke Negara-Negara tujuan ekspor.

Baik BKIPM maupun Bea Cukai Manado sepakat untuk memberikan kemudahan dan layanan yang terbaik untuk siapa saja yang akan melakukan ekspor produk perikanan dari Wilayah Sulut. (Nie)

Baca juga: Pelaku Industri Kreatif Manado Antusias Ikut Vaksinasi

Baca juga: Kecelakaan Maut, 21 Orang Jadi Korban, Bus Oleng Lalu Terguling Usai Hindari Truk Boks

Baca juga: Gran Puri Berikan Harga Spesial Selama Bulan Juli

 

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved