Berita Talaud

Bupati Elly Lasut Keluarkan Surat Edaran Penanganan Covid-19, Pelaku Perjalanan Diumumkan di Toa

Menurut Bupati Elly Lasut, terbitnya surat edaran tersebut berdasarkan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Talaud.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Aldi Ponge
Pemkab Taluad
Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Lasut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut mengeluarkan surat edaran pencegahan covid 19.

Surat edaran pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut bernomor 443.1/1012/Kesbangpol

Menurut Bupati Elly Lasut, terbitnya surat edaran tersebut berdasarkan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Talaud.

Selain itu, untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Covid -19 di Sulawesi Utara termasuk di Kabupaten Talaud.

“Setiap penumpang kapal laut dan pesawat yang akan datang di Kabupaten Talaud wajib menunjukan dokumen kesehatan hasil negatif tes rapid Antigen Covid-19. Apabila tidak dapat menunjukan Hasil rapid Antigen tersebut tidak dapat turun dari kapal atau kembali ke pelabuhan awal,” kata dia.

Selain itu, setiap pelaku perjalanan yang tiba di tujuan, wajib diumumkan melalui pengeras suara (toa) dan wajib menjalani isolasi mandiri selama 5 hari.

Apabila menunjukan gejala awal Covid-19 seperti demam, batuk kering, flu, di era dan lain-lain. Wajib menuju ke petugas kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

“Pos-pos penanganan Covid -19 yang ada di kecamatan, kelurahan dan desa segera diaktifkan kembali untuk penanganan koordinatif dan berjenjang, sehingga pelayanan di lapangan dapat berjalan dengan baik melalui semangat kebersamaan dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid-19,” lanjut Bupati E2L.

Elly Lasut memerintahkan para Camat se Kabupaten Talaud mengkoordinasikan kepada semua pemangku kepentingan dan wajib melaporkan situasi, perkembangan Covid-19 kepada Ketua Satgas Kabupaten Talaud.

Bupati juga terus menghimbau kepada seluruh masyarakat Talaud untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid 19 kata Lasut

Tentang Talaud

Talaud adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dan merupakan kepulauan paling utara di Indonsia Timur.

Kabupaten yang beribukota Melonguane ini berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Negara Filipina di sebelah utara.

Luas laut Kabupaten Talaud sekitar 37.800 km² dan luas wilayah daratan 1.251,02 km².

Dari Melonguane ke Kota Manado berjarak 350 km, sekitar 14 jam perjalanan lewat laut dan 1 jam lebih perjalanan dengan pesawat.

Terdapat tiga pulau utama di Kabupaten Kepulauan Talaud, yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan.

Saat ini Kabupaten Talaud dipimpin oleh Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut atau Elly Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga.

Berita Terkait Talaud

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved