Breaking News:

Program Gratis Pembinaaan Pemuda-pemudi Talaud yang Ingin Masuk AL Dibuka Kembali

Ia yakin pemuda pemudi Talaud tidak kalah dengan pemuda pemudi dari wilayah lainnya di Indonesia

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Charles Komaling
iv
Kegiatan pembinaan Pemuda dan pemudi yang ingin mendaftar sebagai prajurit TNI Angkatan Laut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Program pembinaan pemuda-pemudi Talaud yang ingin mendaftar sebagai prajurit TNI Angkatan Laut beberapa waktu lalu, berhasil memberangkatkan cukup banyak pemuda-pemudi Talaud untuk melaksanakan tes Calon Bintara dan Calon Tamtama TNI AL. Enam 6 di antaranya saat ini telah menjalani pendidikan,

Saat ini Lanal Melonguane saat ini kembali membuka program pembinaan secara gratis. Dalam program pembinaan tersebut tak hanya dilakukan secara gratis, Komandan Lanal Melonguane juga menyediakan akomodasi berupa tempat tinggal bagi para pemuda-pemudi yang berasal dari daerah-daerah yang cukup jauh, termasuk yang berasal dari pulau-pulau kecil terluar/terdepan sehingga selama program pembinaan mereka tidak perlu bolak-balik pulang ke rumah.

“Sebagaimana program pembinaan yang telah kita laksanakan beberapa waktu lalu, kita akan persiapkan pemuda-pemudi perbatasan tersebut secara baik sehingga mereka nanti siap untuk menghadapi seleksi dan bersaing dengan rekan-rekan mereka yang berasal dari daerah lain,” ujar Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol (Mar) Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla

Dijelaskan, Lanal Melonguane memiliki balai pengobatan dan tenaga kesehatan yang nantinya dapat melakukan pemeriksaan kesehatan awal bagi para peserta, sehingga nantinya mereka mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mereka sedini mungkin sebelum pelaksanaan seleksi.

Lanal Melonguane. Lanjutnya, juga memiliki prajurit jasmani yang nantinya dapat membina, melatih dan mengevaluasi kondisi kemampuan fisik dan jasmani mereka.

“Kami juga akan latih kedisiplinan, kejuangan dan berbagai materi lainnya sehingga nantinya diharapkan mereka memiliki nilai dan kemampuan yang baik saat mengikuti seleksi” ujar Danlanal Melonguane.

“Bagi pemuda pemudi yang serius berkeinginan kuat untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut, saya harapkan dapat mengikuti program pembinaan ini dengan sebaik-baiknya. Penyiapan diri untuk mengikuti seleksi prajurit TNI AL membutuhkan waktu, karena nantinya ada tahapan-tahapan latihan guna peningkatan kemampuan secara baik dan terukur,” ujar Danlanal Melonguane.

Ia mengaku yakin pemuda pemudi Talaud tidak kalah dengan pemuda pemudi dari wilayah lainnya di Indonesia, hanya saja mungkin perlu pembinaan yang baik serta dorongan motivasi yang lebih agar mereka lebih terarah dalam menggali dan meningkatkan potensi diri mereka.

“Semoga nantinya beberapa dari mereka dapat mengikuti seleksi pendidikan, lulus dan akhirnya menjadi mitra sebagai prajurit Matra Laut untuk menjaga perbatasan di wilayah paling utara NKRI di kami yang kita cintai ini,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved