Breaking News:

Berita Bolmong

Soal Tapal Batas Bolmong - Bolsel, Kabag Hukum Tegaskan Bila Putusan MA Itu Final

Pemkab Bolmong tetap optimis, bahwa sebagian wilayah yang saat ini diklaim masuk Kabupaten Bolsel akan kembali ke Kabupaten Bolmong.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Bolmong.
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat meninjau tapal batas Bolmong-Bolsel belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Permasalahan tapal batas antara Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Bolaang Mongow Selatan (Bolsel) tampaknya masih menjadi problem.

Namun Pemkab Bolmong tetap optimis, bahwa sebagian wilayah yang saat ini diklaim masuk Kabupaten Bolsel akan kembali ke Kabupaten Bolmong.

Keyakinan Pemkab Bolmong bukan tanpa alasan.

Keyakinan Pemkab Bolmong seiring dengan dikeluarkannya putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 75 P/HUM/2018 terkait judicial review yang diajukan Pemkab Bolmong beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Bagian Hukum Pemkab Bolmong Muhamad Triasmara Akub, pasca dibatalkannya Permendagri Nomor 40 Tahun 2016 tentang Batas Daerah Kabupaten Bolmong dengan Kabupaten Bolsel.

Secara otomatis batas wilayah yang saat ini diklaim masuk ke Kabupaten Bolsel saat berstatus quo.

Dia mengatakan, upaya hukum yang dilakukan pemkab Bolmong, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Upaya hukum Pemkab Bolmong dengan mengajukan judicial review (JR) ke Mahkamah Agung (MA) telah ada putusan MA Nomor: 75P/HUM/2018 tanggal 18 Desember 2018 yang sudah final dan mengikat,” katanya ketika dihubungi Tribun Manado, Selasa (6/7/2021).

Namun sampai saat ini belum ada peraturan Menteri Dalam Negeri yang baru untuk mengatur kembali batas Daerah Kabupaten Bolmong dengan Kabupaten Bolsel yang berdasarkan putusan MA Nomor: 75P/HUM/2018.

Dia menilai putusan MA Nomor: 75P/HUM/2018 kesannya tidak mau diakui oleh Pemkab Bolsel.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved