Breaking News:

Penanganan Covid

Corona di Kabupaten Sitaro Terus Bertambah, Permintaan Oksigen Medis Meningkat

Ketersediaan pasokan oksigen di Kabupaten Kepulauan Sitaro terbilang memadai pasca diadakannya mesin produksi oksigen medis.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Proses pengisian tabung oksigen medis untuk memenuhi permintaan Rumah Sakit di tengah kondisi pandemi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Permintaan oksigen medis dari sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) khususnya Rumah Sakit di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami peningkatan signifikan.

Kondisi ini terjadi seiring terus bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 yang kini sedang menjalani perawatan.

Hal mana, oksigen medis menjadi salah satu kebutuhan utama bagi para pasien yang terinfeksi virus corona.

Beruntung, ketersediaan pasokan oksigen di Kabupaten Kepulauan Sitaro terbilang memadai pasca diadakannya mesin produksi oksigen medis oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan.

Proses pengisian tabung oksigen medis untuk memenuhi permintaan Rumah Sakit di tengah kondisi pandemi.
Proses pengisian tabung oksigen medis untuk memenuhi permintaan Rumah Sakit di tengah kondisi pandemi. (tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses)

"Kebetulan kita sudah mengantisipasi itu dari awal. Ada mesin pembuat oksigen yang sudah kita miliki. Memang cukup mahal harganya, tetapi sangat bermanfaat," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, Semuel Raule, Selasa (6/7/2021).

Menurut Raule, mesin tersebut bisa memproduksi oksigen dalam jumlah 60 tabung besar.

Dengan demikian, pasokan oksigen yang dibutuhkan, khususnya di tengah situasi pandemi ini bisa tersedia.

"Selama ini kita bisa memenuhi kebutuhan oksigen di daerah, terutama untuk dua rumah sakit. Jadi tetap terpenuhi seperti biasa. Kita hampir tiap hari mengisi pagi sampai malam oksigen-oksigen yang diperlukan," kata Raule.

Apabila dalam kondisi normal, Raule menyebut permintaan dari setiap Rumah Sakit tidak terlalu signifikan. Hal itu terlihat dari pengisian tabung oksigen yang hanya dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

"Tapi memang lagi meningkat sekarang seiring dengan kondisi Covid. Satu hari rumah sakit bisa sampai tiga kali permintaan, bolak balik untuk menambah oksigen," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved