Breaking News:

Ketua DPRD Sitaro Apresiasi Kerja Keras Tenaga Kesehatan

Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien corona. Mereka sangat berisiko terpapar.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
Istimewa
Ketua DPRD Sitaro Djon Janis mengunjungi di Puskesmas Lia beberapa waktu lalu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Upaya penanggulangan Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro terus dilakukan berbagai pihak.

Selain Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 Sitaro (Sitaro), unsur lain yang menjadi garda terdepan adalah para tenaga kesehatan (nakes). Mulai dari proses edukasi ke masyarakat, penanganan pasien secara langsung hingga pelaksanaan program vaksinasi menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas dan tanggung jawab para nakes.

Meski harus menanggung risiko terjangkiti virus yang pertama kali muncul di Wuhan Cina itu, namun mereka tetap menjalankan tugas dengan penuh semangat untuk melayani para pasien.

Kerja keras dan ketulusan para tenaga kesehatan dalam menunaikan panggilan tugas itu menuai apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis.

"Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien corona. Mereka sangat berisiko terpapar. Makanya kami sangat mengapresiasi perjuangan dari seluruh tanaga kesehatan, khususnya yang ada di Sitaro," kata Janis, Senin (5/7/2021).

Karenanya, Janis mengajak semua pihak, khususnya masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk mendukung upaya dan kerja keras para tenaga kesehatan dalam hal penanganan pasien Covid-19.

"Mari kita berikan topangan doa dan dukungan moril bagi seluruh tenaga kesehatan yang terus berjuang melayani para pasien, khususnya yang terpapar virus corona," ujar Janis.

Sebagai pimpinan DPRD, ia pun mendorong pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk mengoptimalkan proteksi kepada tenaga kesehatan serta semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Sitaro.

"Tentunya termasuk Satgas di daerah, unsur TNI, Polri dan semua yang terlibat langsung dalam penanganan virus corona. Semuanya harus diproteksi," lanjut Janis.

Terpisah, Kepala Dinkes Sitaro Semuel Raule yang juga merupakan bagian dari Satgas Covid-19 mengatakan, pihaknya terus berupaya maksimal dalam menjaga dan melindungi pihak-pihak yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, khususnya petugas kesehatan.

"Berbagai upaya terus dilakukan untuk memproteksi semua pihak yang terkait dalam pencegahan dan penanganan Covid. Apalagi para tenaga kesehatan yang selalu berhadapan langsung dengan pasien," kata Raule.

"Contohnya pengadaan APD khusus untuk mereka yang bertugas di lapangan, pemeriksaan kesehatan secara berkala hingga penyediaan fasilitas penunjang bagi tenaga kesehatan," katanya lagi.

Ia pun mengakui, sejak mewabahnya pandemi Covid-19, tak sedikit dari para nakes ikut terpapar virus mematikan itu. Namun demikian, pihaknya bersyukur hingga hari ini tak ada satu pun nakes yang meninggal dunia lantaran Covid-19.

"Terkini, ada sebanyak lima orang nakes yang sedang menjalani isolasi karena dari pemeriksaan rapid antigen menunjukan hasil positif," kuncinya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved