Breaking News:

Berita Mitra

Penerima Bantuan Sosial di Mitra yang Menolak untuk Divaksin, Siap-siap Kena Sanksi

Pemkab Mitra akan memberikan sanksi administrasi dan pemberhentian bantuan sosial bagi warga penerima bantuan yang menolak divaksinasi

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
Kharisma Kuruma/Tribun Manado
Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Mitra dengan Dinsos Mitra. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan pandemi covid-19 terus diseriusi Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan pihak legislatif.

Itu terlihat dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mitra dengan Dinas Sosial (Dinsos) Mitra di ruang rapat Komisi III DPRD Mitra, Jumat (2/7/2021).

Kepala Dinas Sosial, Franky Wowor menjelaskan, sesuai dengan peraturan ini, maka Pemkab Mitra akan memberikan sanksi administrasi dan pemberhentian bantuan sosial bagi warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dengan sengaja menolak untuk divaksinasi.

“Jadi berdasarkan Perpres 14 tahun 2021, bagi masyarakat yang menolak untuk di vaksin akan mendapatkan sansi administrasi dan pemberhentian bantuan sosial bagi warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM, red), Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako, penerima bantuan sosial untuk mematuhi imbauan pemerintah bahwa wajib untuk disuntik vaksin,” jelasnya.

Merespon hal itu, Wakil Ketua Komisi III, Vanda Rantung mengatakan, Dinas Sosial harus intens memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Perpres 14 tahun 2021 ini.

Apalagi, masih banyak masyarakat yang belum memahami apa sanksi bagi yang menolak untuk divaksin Covid-19.

“Diminta Dinas Sosial untuk memberikan sosialiasi langsung ke masyarakat, kasian kan masyarakat belum memahami ada sanksi tidak mendapatkan bantuan sosial jika menolak untuk divaksin,”ujar Rantung.

Dia pun mengajak masyarakat untuk tidak takut divaksin karena itu demi kesehatan bersama dan terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

“Saya mengajak masyarakat Mitra untuk tidak takut divaksinasi agar dapat menerima bantuan sosial dari Pemerintah,”ajak Wakil Ketua Komisi Vanda Rantung.

RDP tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi III Vanda Rantung didampingi Arter Runturambi, Vanly Mokolomban, Rakimin Ibrahim, Berty Rumochoy, Deker Mamusung, serta dihadiri Kepala Dinas Sosial Franky Wowor beserta para Kabid.

Baca juga: Tak Banyak Orang Tahu, Inilah 3 Suami Rachmawati Soekarnoputri, No 1 Nikah di Kondisi Memprihatinkan

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah 12 Cara Alami Mengobati Asam Urat

Baca juga: 160 Pegolf se-Indonesia Ramaikan Golf Goes to Likupang, Panitia Terapkan Prokes Cegah Covid-19

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved