Breaking News:

Kesehatan

Jalani Isolasi Mandiri? Ini Vitamin yang dibutuhkan Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri tetap harus mengonsumsi obat dan juga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya

Editor: Finneke Wolajan
Freepik.com
Ilustrasi buah yang mengandung vitamin C 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi orang yang positif Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri, maka selain mengonsumsi obat dari dokter, juga perlu mencukupi asupan vitamin.

Lantas, apa saja vitamin yang perlu dikonsumsi oleh pasien Covid-19 selama isolasi mandiri?

Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri tetap harus mengonsumsi obat dan juga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Tujuannya, agar daya tahan tubuh selama terinfeksi virus corona dapat segera pulih kembali.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan bahwa vitamin yang perlu dikonsumsi haruslah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

"Kalau hanya sebagai antisipasi, maka vitamin C dan vitamin D saja sudah cukup. Tetapi kalau (pasien Covid-19) sudah mengalami isolasi mandiri, maka vitamin yang dibutuhkan akan lebih banyak," jelas dr Kiki kepada Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Pada dasarnya, jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh, baik pada orang biasa maupun mereka yang terinfeksi Covid-19 adalah sama.

"Vitamin untuk isolasi mandiri, sebenarnya yang antioksidan. Seperti vitamin C, vitamin D, atau vitamin E, namun tetap disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita," kata dr Kiki.

Kendati jenis vitaminnya sama, namun pada pasien Covid-19 atau mereka yang positif Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri, dosis vitamin yang dikonsumsi jauh berbeda.

Dr Kiki mengungkapkan bahwa pada orang biasa, untuk mencukupi kebutuhan vitamin hariannya, misal dosis vitamin C, cukup dengan 1 kali 500 mg.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved