Breaking News:

RHK Selasa 29 Juni 2021

BACAAN ALKITAB - 1 Raja-Raja 3:20-21 - Menyusui Anak

Ada ungkapan, ‘seorang bayi baru lahir hanya membutuhkan tiga hal, yaitu merasa hangat di gendongan ibunya, makanan dari payudaranya

Editor: Aswin_Lumintang
Istimewa
SOSOK Salomo Raja Israel, Orang Paling Berhikmat di Bumi 

1 Raja-Raja 3:20-21
"Pada waktu tengah malam ia bangun, lalu mengambil anakku dari sampingku; sementara hambamu ini tidur, dibaringkannya anakku itu di pangkuannya, sedang anaknya yang mati itu dibaringkannya di pangkuanku.
Ketika aku bangun pada waktu pagi untuk menyusui anakku, tampaklah anak itu sudah mati, tetapi ketika aku mengamat-amati dia pada waktu pagi itu, tampaklah bukan dia anak yang kulahirkan."
-------------------------------------------

Kisah Salomo, Raja Ketiga Kerajaan Israel yang Bijaksana
Kisah Salomo, Raja Ketiga Kerajaan Israel yang Bijaksana (Ist)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada ungkapan, ‘seorang bayi baru lahir hanya membutuhkan tiga hal, yaitu merasa hangat di gendongan ibunya, makanan dari payudaranya, dan merasa aman saat ia tahu kehadiran ibunya. Dan, menyusui memberikan tiga hal itu’. Menyusui adalah naluri kasih sayang ibu kepada anaknya. Dan air susu ibu adalah asupan utama dan penting bagi seorang bayi. Tidak ada makan lain yang lebih bergizi bagi seorang bayi selain air susu ibu. Menyusui disamping sangat penting bagi bayi, juga bermanfaat bagi ibu seperti megatasi rasa trauma dan mencegah kanker payu dara.

Di Israel air susu ibu dipandang sebagai makanan dasar anak yang membuat seseorang menjadi hebat setelah dewasa. Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: “Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau.” (Lukas 11:27)

Ada pepatah mengatakan, ‘air susu dibalas dengan air tuba’ kebaikan dibalas dengan kejahatan. Artinya air susu ibu yang membuat manusia sehat dan baik. Legenda Malinkundang memperingatkan kita yang dilahirkan seorang ibu dan disusuinya agar setelah dewasa menghormati, menjaga dan memelihara orang tua adalah kewajiban dan perbuatan orang baik.

Firman Tuhan mengingatkan kita, Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. (Keluaran 20:12 4) Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati. (Matius 15:4)

Rumah jompo di luar negeri adalah tempat penampungan orang tua renta. Ada banyak faktor penyebab hadirnya rumah jompo antara lain karena seseorang hidup melajang sampai tua, pembiaran orang tua oleh anak, mengurus dan menjaga anak menjadi beban keluarga inti di kota-kota. Jika seorang anak diasuh, bertumbuh, dibesarkan dan dirawat dalam rumah keluarga, maka adalah seperti Malinkundang seorang anak setelah dewasa dan berhasil membiarkan orang tuannya dirawat dan diasuh di luar rumahnya.

Sebagai keluarga Kristen maka firman Tuhan mengingatkan kita bahwa menyusui adalah perbuatan baik untuk ibu dan anak. Menghormati, mengjaga, mengasuh dan mengurus orang tua adalah kebajikan yang membawa berkat dan panjang umur.

Firman Tuhan adalah makanan pokok keluarga Kristen. Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, (1 Petrus 2:2)

DOA: Ya Tuhan. Terima kasih atas firman-Mu yang mengingatkan kami keluarga tentang pentingnya menyusui anak, menghormati dan mengurus orang tua. Jauhkan kami dari sikap seperti Malinkundang dan menjadi ibu yang tidak menyusui anak. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved